Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Wiku: Pemerintah Meniadakan Mudik Apapun Bentuknya

Guru Besar FK UI tersebut mengatakan bahwa keputusan yang diambil pemerintah itu berdasarkan berbagai macam pertimbangan

Wiku: Pemerintah Meniadakan Mudik Apapun Bentuknya
Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat Media Briefing secara daring di Gedung BNPB, Kamis (14/1/2021) yang juga disiarkan Kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah meniadakan mudik apapun bentuknya.

Hal itu disampaikan Wiku merespon adanya surat edaran dibolehkannya mudik lokal oleh gubernur NTB Zulkieflimansyah.

"Pada prinsipnya pemerintah melarang aktivitas mudik selama periode Ramadhan dan hari raya idulfitri," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, (4/5/2021).

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenhub Minta Ada Penambahan Alat Rapid Antigen di Terminal Bus

Guru Besar FK UI tersebut mengatakan bahwa keputusan yang diambil pemerintah itu berdasarkan berbagai macam pertimbangan, baik data, pendapat ahli, maupun pengalaman di lapangan.

Kegiatan mudik untuk bertemu dengan sanak saudara, kata dia, sangat terkait dengan interaksi fisik langsung yang merupakan cara virus bertransmisi lebih cepat, baik melalui bersalaman, berpelukan, dan lain-lain.

Baca juga: Kemenhub: Masih ada 3.000 Unit Bus yang Beroperasi Selama Larangan Mudik Lebaran 2021

"Kejadian ini seringkali tidak dapat dielakkan bahkan pada orang yang sudah memahami pentingnya protokol kesehatan sekalipun. Oleh karena itu, pemerintah sepakat untuk meniadakan mudik apapun bentuknya," katanya.

Oleh karena itu ia memohon kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk satu narasi dengan pemerintah pusat mengenai larangan mudik. Karena hal tersebut bertujuan agar pandemi Covid-19 tetap terkendali.

"Karena pada prinsipnya, pemerintah berupaya untuk terus mampu menjaga kondisi terkendali ini dan selalu siap siaga serta antisipatif terhadap berbagai kondisi yang ada," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas