Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Doni Monardo Sebut Pemprov Lampung Siapkan Ruang Isolasi Bagi Pemudik yang Positif Covid-19

Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk menampung pemudik yang reaktif atau positif Covid-19.

Doni Monardo Sebut Pemprov Lampung Siapkan Ruang Isolasi Bagi Pemudik yang Positif Covid-19
Istimewa
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo meninjau operasi penyekatan kendaraan mudik di Gerbang Tol Cik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pemudik yang diperiksa tes antigen dan kedapatan reaktif atau positif Covid-19 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung akan dibawa ke ruang isolasi.

Doni menyebut bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk menampung pemudik yang reaktif atau positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Doni Monardo dalam dialog bertajuk Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalibur Lebaran yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (15/5/2021).

“Pemerintah Provinsi Lampung telah menyediakan beberapa fasilitas yaitu wisma dan juga rusun yang ada," kata Doni.

Baca juga: Ketua Satgas Doni Monardo Tinjau Posko Penyekatan Mudik di Cikarang Barat: Mohon Dijaga 24 Jam

Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengatakan, pemerintah pusat juga akan memberi dukungan untuk menyiapkan hotel atau losmen yang tersedia di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Selanjutnya, Doni menyebutkan, bagi pemudik tergolong kelompok rentan dan memiliki gejala terinfeksi Covid-19, maka pertama akan dirawat di rumah sakit yang telah disiapkan oleh Pemerintah Lampung.

Pasalnya, Dinas Kesehatan setempat telah menginstruksikan seluruh rumah sakit yang ada di Lampung untuk bersiap menerima pemudik yang terinfeksi Covid-19.

Doni pun berharap, dengan dilakukan pengetesan serta skrining ini diharapkan tak terjadi peningkatan kasus di wilayah lain. Terutama di wilayah Jakarta.

Karena, saat ini Pulau Sumatera tengah mengalami kenaikan kasus Covid-19. Sedangkan, Pulau Jawa sedang menunjukan tren penurunan kasus.

“Nah kita tidak ingin teori pingpong ini terjadi oleh karenanya upaya pemerintah untuk melakukan penyekatan diharapkan bisa berhasil,” jelasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas