Tribun

Penanganan Covid

Sudah Disuntik Batch CTMAV547, Bagaimana dengan Dosis Kedua?

Prof Wiku Adisasmito mengatakan  penerima dosis pertama vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 belum dapat menerima suntikan dosis kedua.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Sudah Disuntik Batch CTMAV547, Bagaimana dengan Dosis Kedua?
Piroschka van de Wouw / ANP / AFP
Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin AstraZeneca pada 20 Maret 2021 di Ede, tempat kampanye vaksinasi melawan Covid-19 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan  penerima dosis pertama vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 belum dapat menerima suntikan dosis kedua.

Kelanjutan vaksinasi bagi sasaran tersebut dapat dilakukan jika pengujian strerilitas dan toksisitas telah selesai.

"Meski beberapa studi di dunia menyatakan mencampurkan dua jenis vaksin dapat dilakukan namun untuk Indonesia sampai saat ini belum ada agenda terkait," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/5/2021).

Sampai saat ini, pemerintah belum bisa memastikan hasil pengujian oleh BPOM tersebut keluar.

"Pemerintah akan segera memberitahukan hasilnya kepada masyarakat. Kemudian pemberian vaksin AstraZeneca non-batch CTMAV547 akan tetap berlangsung," terang dia.

Baca juga: Puluhan Warga Satu Perumahan di Bogor Positif Covid-19 Pascalebaran, di Sukabumi 39 Orang Diisolasi

Ia berharap masyarakat tidak ragu untuk menerima suntikan vaksin Covid-19, karena pemerintah terus melakukan pengawasan dan monitoring keamanan vaksin secara berkala.

"Sejauh ini sebagaimana yang dianjurkan WHO, Indonesia selalu melakukan pengawasan terhadap potensi kemunculan ikutan pasca imunisasi bukan karena efek negatif yang ditemukan di lapangan langsung," jelas Wiku.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas