Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

DKI Jakarta Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum, Kemenkes Beri Catatan Ini

Kementerian Kesehatan memberikan izin kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan vaksinasi COVID-19 tahap 3, dengan target vaksinasi adalah masyara

DKI Jakarta Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum, Kemenkes Beri Catatan Ini
Warta Kota/Nur Ichsan
VAKSINASI DOOR TO DOOR -- Tim medis Puskesmas Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, memberikan layanan vaksinasi bagi kelompok masyarakat ODGJ dan penyandang disabilitas di wilayahnya, Selasa (8/6/2021). Tercatat ada 40 ODGJ dan 70 penyandang disabilitas yang akan mendapatkan vaksinadi secara door to door ini. Ini filakikan karena mereka merupakan salah satu kelompok masyarakat yang rentan terkena paparan Covid-19, (Warta Kota/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan memberikan izin kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan vaksinasi COVID-19 tahap 3, dengan target vaksinasi adalah masyarakat umum dengan minimal usia 18 tahun.

Meski dapat memperluas sasaran vaksinasi COVID-19 kepada seluruh penduduk usia 18 tahun ke atas, namun Kemenkes mengingatkan pemprov DKI, untuk tetap memprioritaskan pemberian vaksinasi pada sasaran sebelumnya.

"Yaitu tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, kelompok masyarakat lanjut usia, petugas pelayanan publik dan melompok masyarakat rentan (masyarakat di daerah kumuh, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan pralansia yang belum mendapatkan vaksinasi, maupun belum lengkap vaksinasinya," tulis keterangan resmi yang diterima Tribunnews.com, Rabu (9/6/2021).

Saat dihubungi terpisah Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan perluasan sasaran vaksinasi di DKI Jakarta, dilandasi oleh cakupan vaksinasi tahap pertama dan kedua di ibukota negara ini telah mencapai 40 persen.

"Iya ini perluasan sasaran, DKI Jakarta juga sudah 40 persen ke atas capaian di tahap kedua. Jadi DKI sudah bisa memulai tahap ketiga," kata Nadia.

Nantinya dalam implementasi dan strategi dari percepatan pelaksanaan vaksinasi disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta.

Kementerian Kesehatan mengimbau pemerintah DKI Jakarta untuk segera melakukan koordinasi dan kerja sama dengan TNI, POLRI, komunitas, organisasi lokal, organisasi keagamaan dan pihak swasta dalam mendukung capaian target vaksinasi COVID-19 di wilayah masing-masing.

Sebelumnya, Pemerintah DKI menulis surat permohonan untuk melakukan vaksinasi tahap 3 bagi sasaran masyarakat rentan terkait aspek geospasial, serta sosial dan ekonomi.

Baca juga: Kemenkes : 400 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Kedaluwarsa Akhir Juni Ini

Alasannya, karena ada alokasi vaksin dalam jumlah besar untuk DKI Jakarta yang akan memasuki masa kadaluarsa pada Juni 2021.

Selain itu, antusias masyarakat untuk segera menerima vaksinasi tinggi serta keinginan banyak pihak untuk berkolaborasi menyukseskan vaksinasi COVID-19.

Berdasarkan data yang diterima Kementerian Kesehatan sampai dengan 6 Juni 2021 persentase kasus positif di Provinsi DKI Jakarta selama satu pekan terakhir sebesar 7,62% (lebih dari 5%).

Hal ini menunjukkan bahwa transmisi penularan penyakit di Provinsi DKI Jakarta masih cukup tinggi.

Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas