Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Terawan Sebut Vaksin Nusantara dapat Digunakan untuk Menangkal Varian Baru Corona

Terawan mengatakan hal yang perlu dilakukan adalah mengganti antigen yang cocok sesuai dengan varian baru yang dihadapi.

Terawan Sebut Vaksin Nusantara dapat Digunakan untuk Menangkal Varian Baru Corona
Tribunnews.com/Rina Ayu
Inisiator Vaksin Nusantara Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (16/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inisiator Vaksin Nusantara Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto mengungkapkan Vaksin Nusantara dapat dengan mudah menangkal varian baru virus corona.

Ia menyatakan hal itu saat menjawab pertanyaan dari anggota komisi VII DPR RI dalam rapat dengar pendapat (RDP), Rabu (16/6/2021).

"Bagaimana Vaksin Nusantara ini menghadapi varian baru? Gampang sekali, hanya perlu 8 hari. Antigennya saya ganti," ujarnya menyakinkan.

Ia mengatakan, hal yang perlu dilakukan adalah mengganti antigen yang cocok sesuai dengan varian baru yang dihadapi.

"Antigen itu adalah rekombinan dari spike S. Jadi kita tinggal lihat dia mutasi mana dan tinggal, kita gabung-gabung saja. Kita tambahi misalnya dari Inggris, Afrika, atau India," ungkap Eks Menteri Kesehatan ini.

Baca juga: Kasus COVID Melonjak, Menaker Ida Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

Untuk itu, Purnawirawan Jenderal Bintang Tiga ini berharap agar pemerintah dapat memberikan izin agar pelaksanaan uji klinik tahap III vaksin Nusantara dilakukan.

"Sekarang saya pesan antigennya untuk uji klinis III itu termasuk tiga varian itu sudah saya masukan. Kalau nanti diizinkan uji klinis III, saya harus minta SAS supaya bisa masuk Indonesia rekombinan antigennya untuk bisa gunakan diuji klinis III. Kalau diizinkan dilakukan di Indonesia," harap Terawan.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas