Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Dokter Reisa : Berani Lapor Jika Positif Bantu Penanganan Covid-19

dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan, pentingnya bagi mereka yang merasa kontak erat dengan pasien positif, segera laporkan diri ke puskesmas terdekat.

Dokter Reisa : Berani Lapor Jika Positif Bantu Penanganan Covid-19
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Reisa Brotoasmoro 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan, pentingnya bagi mereka yang merasa kontak erat dengan pasien positif, segera laporkan diri ke puskesmas terdekat.

Berani dites dan apabila positif, informasikan secara terus terang tentang siapa saja yang telah kontak erat dengannya selama beberapa hari ke belakang.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meninggi, Ketua DPD RI Minta Tunda Agenda Pertemuan Besar

"Pengendalian penularan saat ini bisa ditangani dengan 3T, tes, telusur, tindak lanjut dan terapinya atau dikenal juga dengan tes, lacak, dan isolasi," katanya dalam konferensi pers Rabu (16/6/2021).

Dia menegaskan, isolasi mandiri bukan tanpa sepengetahuan orang lain.

Sebaiknya, lapor ke puskesmas dan tetap konsultasi dengan dokter.

Petugas medis melakukan tes Covid-19 kepada sejumlah pemudik yang baru saja tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, (18/5/2021). Pantauan Tribunnews di lapangan, terdapat empat penumpang yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasar uji rapid test antigen. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kasus aktif di Jakarta bergerak fluktuatif selama dua pekan terakhir. Pada tanggal 3 Mei 2021 ada peningkatan kasus aktif dari 7.039 menjadi 7.266 pada 15 Mei 2021. Pencatatan itu mengalami penurunan menjadi 7.146 pada 16 Mei 2021. Tribunnews/Jeprima
Petugas medis melakukan tes Covid-19 kepada sejumlah pemudik yang baru saja tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, (18/5/2021). Pantauan Tribunnews di lapangan, terdapat empat penumpang yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasar uji rapid test antigen. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kasus aktif di Jakarta bergerak fluktuatif selama dua pekan terakhir. Pada tanggal 3 Mei 2021 ada peningkatan kasus aktif dari 7.039 menjadi 7.266 pada 15 Mei 2021. Pencatatan itu mengalami penurunan menjadi 7.146 pada 16 Mei 2021. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Konsultasi rutin dengan dokter dapat segera membantu pasien mendapatkan pertolongan dan perawatan.

"Terlambat dirawat dapat berisiko bagi keselamatan nyawa. Puskesmas dan dokter dapat membantu memberikan informasi ketersediaan ruang rawat inap di rumah sakit atau memberikan rujukan ke karantina terpusat yang dibiayai pemerintah," ujar dr Reisa.

Kini rumah sakit penuh pasien Covid-19. Varian baru juga makin banyak beredar.

Dampak Covid-19 bisa berbeda-beda terhadap individu. Ada yang tidak bergejala, namun beberapa bisa menjadi kritis dan fatal.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas