Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

BREAKING NEWS:Pemerintah Akui Terjadi Peningkatan Luar Biasa Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa terdapat peningkatan kasus Covid-19 yang luar biasa sekarang ini. Kondisi tersebut telah dilapo

BREAKING NEWS:Pemerintah Akui Terjadi Peningkatan Luar Biasa Covid-19
tribunjabar/firman suryaman
47 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Senam Aerobik di Puspahiang Tasikmalaya, Diboyong Ambulans 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa sejumlah daerah melaporkan adanya peningkatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit.

Kurang lebih terdapat 87 kabupaten atau kota yang tingkat keterisiannya di atas 70 persen.

"Dilaporkan kepada bapak presiden bahwa terdapat 87 kabupaten kota yang fasilitas rumah sakitnya sudah di atas 70 persen di 29 provinsi," kata Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi secara daring,  Senin, (21/6/2021).

Sementara itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa terdapat peningkatan kasus Covid-19 yang luar biasa sekarang ini. Kondisi tersebut telah dilaporkan kepada Presiden.

"Di ratas tadi sudah kami laporkan mengenai berita-berita di masyarakat yang beredar mengenai kondisi di rumah sakit kita, perawat kita, obat-obatan kita," kata Menkes.

RUANG ISOLASI BARU - Pekerja sedang mempersiapkan sarana dan prasarana ruang isolasi terkonsentrasi baru bagi pasien Covid-19, yang menempati gedung SMP Negeri 30, Kota Tangerang, Senin (21/6/2021). Masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang, membuat pihak Pemkot Tangerang menambah ruang isolasi baru sebagai langkah antisipasi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
RUANG ISOLASI BARU - Pekerja sedang mempersiapkan sarana dan prasarana ruang isolasi terkonsentrasi baru bagi pasien Covid-19, yang menempati gedung SMP Negeri 30, Kota Tangerang, Senin (21/6/2021). Masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang, membuat pihak Pemkot Tangerang menambah ruang isolasi baru sebagai langkah antisipasi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

"Kami sampaikan memang sampai saat ini terjadi peningkatan yang luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya ke sisi hilir di sisi rumah sakit," tambahnya.

Baca juga: Polda Metro: Covid-19 di DKI Sudah Sangat Tinggi Seperti Orang Panjat Tebing

Pihaknya kata Budi telah mengantisipasi sejak dini lonjakan kasus Covid-19 pasca libur panjang Idul Fitri 2021.  Mulai dari penambahan tempat tidur, obat-obatan, APD, dan juga masker.

Presiden kata Budi menekankan dua hal terkait lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi sekarang ini. Pertama yakni penguatan PPKM Mikro dan juga percepatan vaksinasi.

"Arahan beliau sangat jelas, beliau memberikan arahan dua hal agar kita menangani di sisi hulunya dengan baik sehingga mengurangi tekanan ke sisi hilirnya. Dimana kita bisa menangani agar mencegah orang sehat ini tidak menjadi sakit bukan hanya menangani orang yg sudah sakit menjadi sembuh. Arahan beliau adalah kita harus memperkuat impelmentasi lapangan untuk program PPKM mikro dan yang kedua kita harus mempercepat vaksinasi," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas