Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Pemerintah akan Atur Mekanisme Rujukan Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit

Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya sedang mematangkan mekanisme isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. 

Pemerintah akan Atur Mekanisme Rujukan Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
RUANG ISOLASI BARU - Pekerja sedang mempersiapkan sarana dan prasarana ruang isolasi terkonsentrasi baru bagi pasien Covid-19, yang menempati gedung SMP Negeri 30, Kota Tangerang, Senin (21/6/2021). Masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang, membuat pihak Pemkot Tangerang menambah ruang isolasi baru sebagai langkah antisipasi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -  Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya sedang mematangkan mekanisme isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. 

Nantinya pemerintah akan menentukan mana pasien yang harus isolasi mandiri, isolasi terpusat, atau mana pasien yang akan dibawa ke rumah sakit.

"Kami nanti akan atur bekerja sama dengan TNI Polri untuk bisa memastikan mana yang dialokasikan di isolasi mandiri atau isolasi terpusat atau memang dibawa ke RS," kata Budi usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi secara daring,  Senin, (21/6/2021).

Hal ini, kata Budi, dilakukan agar mereka yang terpapar Covid-19 tidak menularkan ke orang lain dan rumah sakit benar-benar merawat pasien yang sudah sesak dan butuh perawatan. 

"Yang memiliki gejala khususnya dia ada komorbid, khususnya saturasi di bawah 95 persen, khususnya sudah mulai sesak itu dibawa ke RS. Tetapi yang tidak (sesak), lebih baik diisolasi mandiri atau diisoloasi terpusat agar tidak terekspos terhadap konsentrasi virus yang tiinggi yang ada di RS," katanya.

Baca juga: Bikin Heboh, Pria yang Tantang Pegang Mayat Pasien Covid-19 Ditangkap, Ini Pernyataan Lengkapnya

Selain itu, pihaknya juga kata Budi akan mengatur mekanisme rujukan pasien Covid-19 ke seluruh Rumah Sakit.

Tujuannya untuk menghindari tidak tertanganinya pasien Covid-19 yang  butuh perawatan.

"Kita akan pastikan koordinasi dari rujukan ke seluruh RS akan kami atur sehingga seminimal mungkin, (tidak) membuat orang tidak bisa menemukan kamar. Itu nanti akan kami atur," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas