Tribun

Penanganan Covid

Masih Uji Klinik, Pakar Ingatkan Jangan Buru-buru Beli Ivermectin untuk Obat Covid-19

Prof Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH meminta masyarakat tak buru-buru membeli obat Ivermectin yang disebut-sebut sebagai obat Covid-19.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Masih Uji Klinik, Pakar Ingatkan Jangan Buru-buru Beli Ivermectin untuk Obat Covid-19
google images
Sempat Dianggap Sebagai Obat Ajaib, WHO Larang Ivermectin Digunakan Pada Pasien Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pakar Kesehatan dan Akademisi, Prof Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH meminta masyarakat tak buru-buru membeli obat Ivermectin yang disebut-sebut sebagai obat Covid-19.

Ari mengatakan, sampai saat ini obat tersebut untuk indikasi sebagai obat cacing, berdasarkan izin edar yang terdaftar di BPOM.

"Obat cacing yang beredar selama ini merupakan dosis tunggal jadi bukan obat yang dikonsumsi setiap hari," ujar Prof Ari dalam video penjelasannya yang diterima Senin (28/6/2021).

Prof Ari menerangkan, dalam cara kerjanya sebagai obat cacing, Ivermectin membunuh cacing secara langsung di saluran pencernaan.

"Ketika kontak dengan obat ini maka cacing itu akan mati itu dan Ivermectin juga digunakan untuk berbagai macam parasit-parasit yang lain," jelasnya.

Baca juga: Layakkah Ivermectin untuk Terapi Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Paru

Populer Jadi Obat Covid-19

Menurut Ari populernya obat tersebut untuk penggunaan Covid-19, karena didasari penelitian in Vitro.

Penelitian in Vitro sendiri adalah penelitian yang baru dilakukan di tingkat sel, istilahnya masih praklinik belum masuk uji klinik

"Dari situ disebutkan bahwa memang Ivermectin itu bisa menghambat kerja dari virus Sar-Cov 2. Tapi sekali lagi kalau masuk in Vitro kan kita belum tahu ini berapa dosis yang tepat untuk digunakan ketika ini pada animal atau bahkan pada manusia ketika manusia tersebut mengalami infeksi Covid-19," ungkap guru besar FKUI ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas