Tribun

Virus Corona

Dinas Lingkungan Hidup DKI Kerahkan 5 Mobil Boks Angkut Tabung Oksigen ke RS Rujukan Covid-19

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan lima unit mobil boks untuk mengangkut tabung oksigen ke rumah sakit rujukan Covid-19 di ibu kota.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Dinas Lingkungan Hidup DKI Kerahkan 5 Mobil Boks Angkut Tabung Oksigen ke RS Rujukan Covid-19
Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga mengantre untuk mengisi ulang tabung oksigen di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (28/6/2021). Peningkatan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta membuat permintaan isi ulang maupun pembelian tabung oksigen meningkat. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan lima unit mobil boks untuk mengangkut tabung oksigen ke rumah sakit rujukan Covid-19 di ibu kota.

Tercatat ada 93 tabung oksigen sudah terdistribusi dari produsen ke rumah sakit dalam waktu dua hari, Minggu-Senin, 27-28 Juni 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan jajaran armada Dinas LH mengangkut tabung oksigen dari perusahaan di kawasan Pulogadung, Cakung dan BSD.

Tabung-tabung oksigen didistribusikan ke RSUD Tebet, RSUD Cempaka Putih, dan RSUD Kebayoran Lama.

"Armada kami juga siaga di rumah sakit untuk mengangkut tabung yang sudah kosong agar diisi kembali lalu diantar ke rumah sakit yang membutuhkan ketersediaan oksigen," kata Syaripudin, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Satgas Minta Seluruh Elemen Masyarakat Tekan Lonjakan Kasus COVID-19

Ia mengatakan armada dipastikan siaga 24 jam untuk membantu mendistribusikan keperluan tabung - tabung oksigen ke RS.

"Ketika ada kebutuhan pengangkutan tabung oksigen dari Dinas Kesehatan kami akan merespons cepat," kata dia.

Anies Borong Tabung Oksigen dari Tangerang

Diberitakan sebelumnya, guna mengatasi ancaman krisis tabung oksigen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah memerintahkan anak buahnya untuk mengangkutnya langsung dari pabriknya di kawasan Tangerang, Banten.

“Jadi, terus-menerus saat ini tim kami sedang di Tangerang di pabrik oksigen untuk bawa tabung oksigen tambahan,” ucapnya, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: BERITA FOTO: Antrean Pembeli Tabung Oksigen untuk Pasien Covid-19 di Jakarta

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, tim khusus dikerahkan guna mengangkut tabung oksigen itu menuju rumah sakit rujukan Covid-19.

Pasalnya, distributor kewalahan mengatasi lonjakan permintaan tabung oksigen yang sangat tinggi dalam beberapa pekan terakhir

“Masalah utamanya adalah transportasi karena itu mobil-mobil dari Dinas Pertamanan, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan lainnya dimobilisir untuk membantu mentransportasikan tabung oksigen,” ujarnya di RSUD Koja, Jakarta Utara.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun menegaskan komitmennya untuk terus memberikan dukungan terhadap rumah sakit dan tenaga kesehatan yang menangani pandemi Covid-19.

Jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun dikerahkan untuk membantu pekerjaan non medis, seperti menyiapkan makanan, membungkus obat, hingga penyediaan tabung oksigen.

“Kami akan mobilisasi tenaga kerja untuk bisa bantu mereka yang saat ini bekerja di rumah sakit, agar tim medis bisa fokus pada penanganan pasien dan aktivitas pendukung bisa dibantu yang lain,” tuturnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas