Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kebutuhan Oksigen Medis Capai 90 Persen, Pemerintah Buka Opsi Impor

Fridy mengungkap rencana impor gas oksigen beserta tabungnya akan didatangkan dari Singapura maupun Malaysia.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kebutuhan Oksigen Medis Capai 90 Persen, Pemerintah Buka Opsi Impor
Warta Kota/Nur Ichsan
Petugas Dishub Kota Tangerang, membantu mengantar dan mengambil serta mendistribusikan tabung oksigen medis dari Depot oksigen medis ke sejumlah puskesmas dan rumah singgah penanganan Covid-19 untuk mempercepat penanganan pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen medis untuk pernapasan. (Warta Kota/Nur Ichsan) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Industri Kimia Hulu Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Fridy Juwono, mengungkap kebutuhan oksigen medis hingga saat ini terus meningkat.

"Sebelumnya sudah naik, porsinya 60 persen ke medis dan 40 persen ke industri. Sekarang sepertinya sudah 90 persen untuk medis dan 10 persen untuk industri. Artinya pabrik sudah beroperasi 100 persen, tetapi 90 persennya itu sudah dialokasikan untuk medis," tutur Fridy saa dihubungi Tribunnews, Senin (5/7/2021).

Untuk mengantisipasi kekurangan tabung oksigen, pemerintah berencana untuk melakukan impor. Akan tetapi, Fridy melihat akan ada jeda waktu untuk pemenuhan impor tersebut.

Baca juga: Kelangkaan Tabung Oksigen. Penjual: Baru 15 Tabung Datang, Langsung Diserbu Warga

"Untuk pengadaan tabung pemerintah sendiri terus mendorong kepada distributor maupun industri yang biasa mengimpor tabung untuk melakukan impor, tetapi ini hanya memerlukan waktu saja," jelasnya.

Lebih lanjut, Fridy mengungkap rencana impor gas oksigen beserta tabungnya akan didatangkan dari Singapura maupun Malaysia.

Hal ini dilihat dari beberapa aspek, seperti kedekatan geografis dan adanya perusahaan multinasional yang memproduksi oksigen di Indonesia juga memiliki pabrik di kedua negara tersebut.

Baca juga: Persediaan Menipis, Warga asal Bekasi Rela Antre demi Dapatkan Isi Ulang Oksigen

BERITA TERKAIT

"Kebetulan ada beberapa perusahaan gas oksigen yang juga memiliki pabrik di Singapura dan Malaysia. Mereka sudah cek dan ada space-nya. Jadi kalau dibutuhkan untuk impor, mereka siap. Tapi saat ini kita masih monitor terus kebutuhannya berapa," jelas Fridy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas