Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

43 Daerah Luar Jawa-Bali Yang Berlakukan PPKM

Airlangga yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) juga meminta agar pemerintah

43 Daerah Luar Jawa-Bali Yang Berlakukan PPKM
Istimewa
Update Covid-19 pecah rekor. Simak perkembangan Covid-19 di Indonesia, Rabu (7/7/2021), kasus bertambah 34.379 dan 1.040 jiwa meninggal dunia. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah melakukan pengetatan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di luar Jawa-Bali. Pengetatan dilakukan sejak 6 hingga 20 Juli 2021.

"Pemerintah telah menegaskan tanggal 6 sampai tanggal 20 dilakukan pengetatan dan dalam pengetatan itu dengan assesment yang ketat," kata Airlangga dalam Konferensi pers virtual, Rabu, (7/7/2021).

Pengetatan PPKM dilakukan di 43 daerah yang situasi Covid-19 berada di level IV. Ke 43 daerah tersebut yakni

Kota Banda Aceh, Kota Bengkulu, Kota Jambi, Kota Pontianak, Kota Singkawang, Palangkaraya, Lamandau, Sukamara, Berau, kota Balikpapan, Bontang, Bulungan, Bintan, Kota Batam, Tanjung Pinang, Natuna, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Pringsewu.

Baca juga: Dua Rekor Covid-19,  Tambahan Kasus 34.379 dan Kematian 1.040

Selain itu Kepulauan Aru, Kota Ambon, kota Mataram, Lembata, Nagekeo, Boven Digoel, Kota Jayapura Fakfak, Sorong, Manokwari, Teluk Bintuni, Teluk Wonndama.

Kemudian Kota Pekanbaru, Kota Palu, Kota Kendari, Kota Manado, Kota Tomohon, Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Kota Solok, Lubuk Linggau, Palembang, Kota Medan, dan Kota Sibolga.

"Terhadap daerah-daerah ini, kami minta pada para gubernur dan juga bupati, wali kota untuk menjalankan PPKM mikro secara ketat dan secara disiplin," katanya.

Baca juga: Kabar Buruk! Angka Kematian Covid Tembus 1.000 Orang dalam Sehari, Tertinggi Selama Pandemi

Airlangga yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) juga meminta agar pemerintah daerah mempersiapkan infrastruktur untuk pelaksanaan PPKM tersebut.

"Juga diminta agar posko-posko di daerah bekerja sama dengan forkopimda untuk meningkatkan testing dan tracing," katanya.

Baca juga: Bio Farma Targetkan Produksi 186 Juta Vaksin Covid-19 hingga Desember

Adapun pengetatan yang dilakukan di 43 daerah itu yakni: kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, kegiatan perkantoran 75 persen WFH, Mall dan restoran beroperasi sampai pukul 17.00 waktu setempat, kegiatan ibadah ditiadakan, kegiatan di area publik ditutup, kegiatan seni dan budaya ditiadakan.

Selain itu resepsi pernikahan paling banyak 30 persen, kegiatan kemasyarakatan maksimal 25 persen dari kapasitas, dan kegiatan rapat seminar secara luring dihentikan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas