Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Ketersediaan Oksigen, 800 Ton Tambahan Oksigen yang Bisa Ditarik dari Pulau Batam ke Pulau Jawa

Kelangkaan tabung oksigen menjadi sorotan berbagai belah pihak dalam beberapa hari terakhir. Sebab, kelangkaan oksigen itu menyebabkan banyak pasien

Ketersediaan Oksigen, 800 Ton Tambahan Oksigen yang Bisa Ditarik dari Pulau Batam ke Pulau Jawa
Warta Kota/Nur Ichsan
Petugas Dishub Kota Tangerang, membantu mengantar dan mengambil serta mendistribusikan tabung oksigen medis dari Depot oksigen medis ke sejumlah puskesmas dan rumah singgah penanganan Covid-19 untuk mempercepat penanganan pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen medis untuk pernapasan. (Warta Kota/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelangkaan tabung oksigen menjadi sorotan berbagai belah pihak dalam beberapa hari terakhir. Sebab, kelangkaan oksigen itu menyebabkan banyak pasien Covid-19 tak tertolong. 

Terkait hal itu, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah memastikan telah menambah stok oksigen medis untuk pasien Covid-19.

"Terkait dengan ketersediaan daripada oksigen, nah ini beberapa isotank sudah ada datang di Jakarta dan beberapa sedang dipersiapkan," ujar Airlangga, dalam konferensi pers PPKM Mikro secara daring, Rabu (7/7/2021). 

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu mengatakan pemerintah juga terus menggenjot produksi oksigen. 

"Pemerintah menggunakan seluruh fasilitas yang ada, sehingga ketersediaan baik dari produksi nasional yang ada di Jawa, maupun yang ada di luar Jawa," kata dia. 

Baca juga: 21 Unit Iso Tank Oksigen Dikirim ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Tak hanya itu, Airlangga mengungkap pemerintah juga mengambil langkah dengan mengalihkan stok di luar Jawa ke Jawa.

Dia mencontohkan ada tambahan oksigen sebesar 800 ton di Pulau Batam yang akan dibawa ke Pulau Jawa. 

"Kemarin juga teridentifikasi ada tambahan oksigen yang bisa ditarik dari Pulau Batam sebesar 800 ton dan sekarang isotank sudah dikirim ke sana untuk ditarik ke Pulau Jawa," ucap Airlangga.

"Jadi kebutuhan tambahan, baik itu dari pengalihan kapasitas ataupun stok di luar Jawa, maupun juga ada beberapa oksigen yang akan dimasukkan ke Indonesia," tandasnya. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas