Tribun

Virus Corona

Ketua Satgas Covid-19: Kepatuhan Prokes Masyarakat Turun

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengatakan telah terjadi penurunan terkait tingkat kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ketua Satgas Covid-19: Kepatuhan Prokes Masyarakat Turun
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
OPERASI KEPATUHAN PENGGUNAAN MASKER - Petugas gabungan Satpol PP Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, menggelar kegiatan operasi kepatuhan penggunaan masker di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, tepatnya di depan Pasar Tomang Barat, Selasa (6/7/2021). Kegiatan ini untuk menegakkan disiplin prokes yang ketat kepada warga di.masa PPKM Darurat, mengingat jumlah kasus Covid -19 di ibukota masih tinggi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengatakan telah terjadi penurunan terkait tingkat kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang dimaksud Ganip yakni protokol kesehatan pada individu maupun perusahaan, terkait pemakaian masker dan juga social distancing atau menjaga jarak. 

"Tingkat kepatuhannya seperti dikatakan oleh Pak Menko (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto) memang mengalami penurunan," ujar Ganip, dalam konferensi pers PPKM Mikro secara daring, Rabu (7/7/2021).

Ganip lantas merinci bahwa masyarakat di 36 kabupaten/kota atau 10,47 persen dari 344 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menggunakan masker kurang dari 60 persen. 

Kemudian dari 45 kabupaten/kota tercatat angka kepatuhan penggunaan masker mereka diantara 61-75 persen.

Sementara masyarakat di 90 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menggunakan masker 76-90 persen. 

"Dan 171 kabupaten kota memiliki tingkat kepatuhan memakai masker di atas 90 persen," kata dia. 

Sementara terkait social distancing atau menjaga jarak satu sama lain, Ganip mencatat masyarakat di 40 kabupaten/kota masih kurang dari 60 persen dalam menjaga jarak. 

Baca juga: Varian Delta Diduga Jadi Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19 di Pulau Jawa

49 kabupaten/kota lain tercatat memiliki tingkat kepatuhan menjaga jarak antara 61-75 persen. Kemudian, tercatat 101 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan 76-90 persen. Sementara sisanya sebanyak 154 kabupaten kota di atas 90 persen.

"Ini yang akan kita genjot dengan partisipasi dari berbagai institusi dan komunitas supaya kita bisa lebih disiplin dengan protokol ini," jelas Ganip.

Di sisi lain, tingkat kepatuhan institusi menjalankan protokol kesehatan pegawai dengan memakai masker dan menjaga jarak juga disorot oleh Ganip. 

Sebab, masih banyak perusahaan di 78 kabupaten/kota yang disebutnya abai menjalankan protokol kesehatan.

"Nah ini akan kita tingkatkan lagi dengan melibatkan nanti penegakan prokes yang dimiliki atau dibentuk oleh masing-masing institusi," tandasnya.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas