Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Obat Asam Lambung dan Sakit Maag Bisa Turunkan Keparahan Gejala Tubuh Akibat Covid-19?

Beberapa obat yang dapat menetralkan asam lambung, seperti famotidine yang pernah dikonsumsi mantan Presiden AS, dikaitkan dengan penurunan keparahan

Obat Asam Lambung dan Sakit Maag Bisa Turunkan Keparahan Gejala Tubuh Akibat Covid-19?
Tribunnews.com
Ilustrasi penyakit asam lambung. Obat Asam Lambung dan Sakit Maag Bisa Turunkan Keparahan Gejala Tubuh Akibat Covid-19? 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, SAO PAOLO - Ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi virus corona (Covid-19) sering kali membuat 'perut terus bergejolak' karena munculnya tingkat kecemasan yang tinggi.

Saat ini, bukti menunjukkan bahwa mengalami 'mulas yang intens' kemungkinan terkait dengan gejala munculnya penyakit yang lebih buruk.

Beberapa obat yang dapat menetralkan asam lambung, seperti famotidine yang pernah dikonsumsi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, ternyata dikaitkan dengan penurunan keparahan Covid-19.

Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Maag Pakai Bahan Alami yang Ada di Rumah

Baca juga: Apotek Diserbu Warga, Stok Obat Covid-19 Langka, PKS Desak Gelar Operasi Pasar

Famotidine biasanya dijual menggunakan nama dagang seperti Pepcid, ini merupakan antagonis reseptor hostamin H2 yang dapat menghambat produksi asam lambung.

Umumnya, obat ini digunakan dalam pengobatan penyakit refluks asam lambung atau atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Sementara obat seperti Prilosec, memiliki korelasi dengan tingkat infeksi dan risiko kematian yang lebih tinggi, setidaknya pada pasien yang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Manfaat jahe merah baik bagi Anda yang mengalami gangguan lambung, seperti mual, begah, kembung, dan gejala sakit maag lainnya.
Manfaat jahe merah baik bagi Anda yang mengalami gangguan lambung, seperti mual, begah, kembung, dan gejala sakit maag lainnya. (Shutterstock)

Dikutip dari laman The Scientist, Rabu (7/7/2021), seorang Ahli Biologi Sistem di Universitas São Paulo di Brazil yang telah mempelajari hubungan antara asam lambung dan infeksi SARS-CoV-2, Helder Nakaya mengatakan bahwa setiap orang memiliki beberapa tingkat refluks asam lambung.

Refluks asam lambung adalah penyakit pencernaan saat asam lambung atau empedu menimbulkan iritasi pada lapisan dalam saluran makanan.

Ini merupakan penyakit kronis yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan membuat iritasi dinding bagian dalamnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas