Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kerumunan Saat Vaksinasi Massal, Kemenkes Ingatkan Sumber Penularan Covid-19

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menuturkan, vaksinasi terus dipercepat untuk memenuhi target 1 juta suntikan per hari pada

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kerumunan Saat Vaksinasi Massal, Kemenkes Ingatkan Sumber Penularan Covid-19
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI WARGA PESISIR - Sekitar 1.500 warga pesisir di Surabaya antusias mengikuti serbuan vaksin covid-19 gratis yang digelar TNI AL, Selasa (6/7/2021). Vaksinasi untuk masyarakat maritim Surabaya kali ini dipusatkan di Gedung Balai Prajurit Kalianak, Surabaya yang digelar Lantamal V Surabaya bersama Akademi Angkatan Laut (AAL). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menuturkan, vaksinasi terus dipercepat untuk memenuhi target 1 juta suntikan per hari pada Juli ini.

Meski antusias, ia mengingatkan agar masyarakat menjauhi kerumunan yang menjadi sumber penularan COVID-19 saat berada di area sentra vaksinasi.

Bahkan, meminta masyarakat menunda vaksinasi jika kepadatan tidak terkendali

Menurutnya, kunci utama pada saat mendatangi sentra atau pos vaksinasi adalah protokol kesehatan.

"Jika kemudian pelaksanaan vaksinasi itu sangat padat kita tunda dulu esok hari," kata dia dalam dialog virtual, Rabu (7/7/2021).

Ada baiknya, tidak berdesak-desakan untuk memasuki sentra vaksinasi dengan tujuan menerima nomor antrean vaksinasi lebih dahulu.

Baca juga: Timbul Kerumunan Saat Penyelenggaraan Vaksinasi, Airlangga Soroti Mekanisme Antrean dan Waktu

"Itu tidak perlu dilakukan karena kemudian pasti akan diatur. Jangan sampai kemudian niat kita mendapatkan vaksinasi tapi kemudian kita terpapar," ungkap Nadia.

BERITA TERKAIT

Ketiga, saat jadwal vaksinasi saat itu karena tidak mendaftar terlebih dahulu melalui pendaftaran elektronik sebaiknya menunda dan tidak memaksakan diri.

Patuhi aturan petugas karena petugas harus menjamin kesehatan itu betul-betul diterapkan pada saat pelaksanaan vaksinasi

Keempat, setelah divaksin segera pulang ke rumah dan membersihkan diri.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas