Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN Tegur Rosaline Rumaseuw atas Usulan RS Khusus Pejabat: Dia Sedih dan Emosional

Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya telah memberikan teguran kepada Wasekjen DPP PAN dr. Rosaline Rumaseuw atas permintaan adanya rumah sakit khusu

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PAN Tegur Rosaline Rumaseuw atas Usulan RS Khusus Pejabat: Dia Sedih dan Emosional
MPR RI
Viva Yoga Mauladi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru bicara Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya telah memberikan teguran kepada Wasekjen DPP PAN dr. Rosaline Rumaseuw atas permintaan adanya rumah sakit khusus pejabat

Viva mengatakan pernyataan yang bersangkutan bukanlah mewakili sikap partai.

Selain itu pernyataan Rosaline dinilai Viva tidak tepat lantaran terpengaruh perasaan sedih dan emosional. 

"DPP PAN telah memberikan teguran kepada dokter Rosaline atas pernyataannya yang bersifat pribadi di acara webinar tentang perlunya rumah sakit khusus pejabat," ujar Viva, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (8/7/2021). 

"Pernyataan tersebut adalah tidak tepat dan terkesan diucapkan karena perasaan sedih dan emosional. PAN mengucapkan permintaan maaf atas pernyataan dokter Rosaline karena hal itu bukan dan tidak mewakili sikap partai," imbuhnya. 

Dokter Darurat Bencana yang juga Aktivis Sosial Kemanusiaan, Rosaline Rumaseuw
Dokter Darurat Bencana yang juga Aktivis Sosial Kemanusiaan, Rosaline Rumaseuw (Theresia Felisiani/Tribunnews.com)

Wakil Ketua Umum PAN ini menjelaskan pernyataan Rosaline tidak tepat karena seharusnya sesuai pasal 28H UUD 1945 setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan, tanpa diskriminasi dan sekat stratifikasi sosial, apakah pejabat atau masyarakat, kaya atau miskin. Jadi implementasi public services menurut Viva harus adil dan setara.

Baca juga: Ahmad Sahroni Tidak Setuju Usulan Rumah Sakit Khusus untuk Pejabat

Disamping itu, dia menyebut Rosaline masih merasa sedih karena anggota Fraksi PAN DPR RI dari dapil Papua John Mirin dan beberapa kawannya di partai politik lain meninggal. 

BERITA TERKAIT

Meninggalnya mereka, lanjutnya, karena tidak tertangani lebih cepat di rumah sakit yang memang kondisinya sudah full capacity saat itu.

"Dokter Rosaline itu orang baik. Siapapun yang meminta pertolongan, akan semampunya ditolong, terutama yang terjangkit Covid-19. Tentu dia akan sedih jika ada saudara separtai atau kawannya harus wafat karena Covid-19," jelasnya. 

Meski demikian, Viva menegaskan masyarakat tidak perlu ragu atas sikap PAN dalam memerangi Covid 19.

PAN disebutnya akan terus bersama pemerintah dan masyarakat untuk berjuang memberantas pandemi Covid 19. 

"Hal itu telah dibuktikan dengan partisipasi aktif fraksi PAN DPR RI dalam merumuskan kebijakan negara serta aksi nyata di lapangan untuk memberikan vaksin kepada masyarakat. Kita berjuang bersama dan berdoa agar pandemi Covid 19 segera berakhir di Bumi Pertiwi," tandasnya. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas