Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Dalam Tiga Minggu ke Depan RSCM Akan Berubah Jadi RS Covid-19

Menurut Basuki, perubahan fungsi sementara RSCM ini merupakan arahan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Kementerian PUPR.

Dalam Tiga Minggu ke Depan RSCM Akan Berubah Jadi RS Covid-19
Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga menghubungi kerabatnya yang menjadi pasien melalui layanan panggilan video di fasilitas Pojok Sahabat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020). Pihak rumah sakit menyediakan fasilitas Pojok Sahabat kepada warga yang ingin menghubungi pasien suspect maupun positif terinfeksi virus corona (Covid-19) yang tidak memiliki atau tidak mampu mengoperasikan alat komunikasi. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) akan diubah pelayanan serta fasilitasnya menjadi RS darurat pasien Covid-19.

Menurut Basuki, perubahan fungsi sementara RSCM ini merupakan arahan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Kementerian PUPR.

Baca juga: Rumkitlap Modern RSPAD Terima Pasien Covid-19 Gejala Ringan-Sedang, 25 Tenda Hingga ICU Disiapkan

Hal itu disampaikan Basuki saat keterangan pers melalui siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021).

"Kami baru saja mendapat penugasan dari Bapak menteri kesehatan untuk menyiapkan rumah sakit Kirana atau Paviliun Kirana RSCM menjadi Rumah Sakit Covid , yaitu di lantai 3, 4, dan 5, serta lantai 8, 9, 10 dengan total 390 tempat tidur nantinya," kata Basuki.

Baca juga: MUI Imbau Masyarakat Patuhi Peniadaan Salat Iduladha di Zona Merah Covid

Basuki mengatakan, pihaknya diberi diberi tenggat waktu selama 3 pekan untuk mengubah RSCM menjadi RS penanganan Covid-19.

Tentunya, ia juga akan berkoordinasi dengan pihak RSCM terkait teknis perubahan tersebut.

"Jadwalnya paling lambat 3 minggu akan dapat kita siapkan berubah menjadi rumah sakit Covid ini. siang ini, kami bersama dengan Direktur RSCM dan Dirjen Pelayanan Kesehatan bertemu dan memfinalkan desainnya karena ini tadinya Rumah Sakit Anak kita desain menjadi RS Covid," jelas Basuki.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas