Tribun

Idul Adha 2021

Mahfud MD Imbau Salat Idul Adha di Rumah dan Terapkan Protokol Kesehatan Saat Kurban

Mahfud MD mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing dan melaksanakan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Mahfud MD Imbau Salat Idul Adha di Rumah dan Terapkan Protokol Kesehatan Saat Kurban
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Kemenko Polhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing dan melaksanakan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Ia pun mengajak umat Islam merayakan hari raya Idul adha dengan sebaik-baiknya sesuai situasi dan kondisi yang sedang dihadapi bersama yaitu situasi Covid-19.

Oleh sebab itu, kata dia, masyarakat sangat diharapkan tidak melakukan kerumunan.

Hal tersebut disampaikan Mahfud menjelang pelaksanaan salat Idul adha 1442 Hijiriah pada Selasa (20/7/2021) besok dan untuk memastikan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

“Sebaiknya salat dilakukan di rumah masing-masing sesuai dengan yang difatwakan lembaga-lembaga keagamaan. Kemudian, kedua pada saat penyembelihan kurban silakan lakukan ibadah kurban itu dengan sebaik-baiknya, tapi tetap mengindahkan protokol kesehatan agar kita bisa menjaga diri kita dan orang lain,” kata Mahfud di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI pada Senin (19/7/2021).

Imbauan tersebut dikeluarkan Mahfud sebagai koordinator penerapan disiplin dan penegakan hukum penanganan pandemi virus Corona sebagaimana diatur dalam Inpres No. 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Covid-19.

Baca juga: Cara Pelaksanaan Salat Idul Adha, Bacaan Niat dan Sunah yang Dianjurkan

Ibadah kurban, lanjut Mahfud, memiliki aspek spiritual yaitu dalam rangka taqorrub atau mendekatkan diri kepada Allah. 

Oleh sebab itu, kata dia, jika kondisi covid-19 membuat aspek ritualnya dibatasi karena tidak boleh terlalu banyak berkerumun, maka hati kitalah yang perlu berkurban atau mendekat kepada Allah. 

"Agar kita ini selalu diberi kesehatan, diberi bimbingannya dan bisa dihindarkan dari covid," kata Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga berterima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah banyak berjuang untuk membantu masyarakat memerangi covid.

Bahkan di antara tenaga kesehatan tersebut, lanjut dia, banyak yang sudah gugur atau wafat mendahului kita karena pengorbanannya.

"Kita doakan agar mereka mendapat surganya. Untuk mereka yang menjalankan ibadah haji mari kita doakan dan selamat menyongsong hari raya Idul Kurban," kata Mahfud 

Sebelumnya pada Jumat (16/7/2021) Mahfud telah bertemu dengan sejumlah tokoh agama secara daring.

Dalam pertemuan itu Mahfud mengajak lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh agama berperan aktif bersama pemerintah dalam menangani pandemi. 

Menurutnya ulama dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kampanye melawan pandemi. 

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas