Tribun

Virus Corona

Kimia Farma Serahkan 5.500 Paket Suplemen untuk Perawat, Petugas Ambulans dan Tenaga Pemulasaraan

PT Kimia Farma Tbk. bersama anak usahanya PT Kimia Farma Apotek (KFA) meluncurkan Program ’’Gerakan Kita Bersama Nakes’’ pada beberapa pekan lalu. 

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani
Kimia Farma Serahkan 5.500 Paket Suplemen untuk Perawat, Petugas Ambulans dan Tenaga Pemulasaraan
Shutterstock
Ilustrasi Mengonsumsi Suplemen Kesehatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus harian Covid-19 di Indonesia masih mengkhawatirkan. Dalam sepekan terakhir, Indonesia mengalami tiga kali lonjakan kasus sehingga jumlahnya menembus lebih dari 50.000.

Hal ini menjadikan Indonesia kembali menjadi negara dengan kasus harian Covid-19 tertinggi dunia, setelah menyalip Brasil, India, dan Rusia. 

Tak hanya itu, angka kematian hariannya pun menjadi yang tertinggi di dunia pada 16 Juli 2021 yang mencapai 1.205 kasus kematian.

Baca juga: Program Vaksinasi COVID-19 Berbayar Dibatalkan, Ini Penjelasan Kimia Farma

Baca juga: Dukung Keputusan HET Pemerintah, PT Pyridam Farma Tbk Prioritaskan Produksi Azithromycin dan D3-1000

Akibat lonjakan kasus tersebut, hampir semua rumah sakit terutama di kota-kota besar di Jawa, kewalahan menanganinya. Para tenaga kesehatan (nakes) adalah pihak yang berhadapan langsung dengan situasi tersebut. 

Data Lapor Covid19, hingga 16 Juli 2021 menunjukkan jumlah tenaga kesehatan yang meninggal dunia karena virus ini mencapai 180 orang, dan menjadi yang tertinggi jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Jumlah kematian tenaga kesehatan tertinggi tercatat di Jawa Timur sebanyak 413 orang. Provinsi ini pun mencatat angka kematian tertinggi akibat Covid-19 dibandingkan provinsi lainnya. 

Melihat kondisi tersebut PT Kimia Farma Tbk. bersama anak usahanya PT Kimia Farma Apotek (KFA) meluncurkan Program ’’Gerakan Kita Bersama Nakes’’ pada beberapa pekan lalu. 

Gerakan ini merupakan wujud kepedulian Kimia Farma bersama masyarakat terhadap para nakes. Yaitu dengan memberikan tambahan asupan vitamin dan suplemen. KFA menyerahkan paket perdananya di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Malang sebanyak 5.500 paket berisi suplemen Fituno. 

Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek Nurtjahjo Walujo Wibowo menyerahkan 2.750 paket untuk nakes (perawat, petugas ambulans).

Selain itu juga untuk petugas pemulasaran jenazah, dsb-nya) di lingkungan Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC) Surabaya. 

Di sisi lain, 2.750 paket lainnya untuk nakes di lingkungan PT Nusantara Sebelas Medika yang membawahi sejumlah rumah sakit di Malang.

’’Paket berisi kaplet Fituno Blister 3x10 ini diharapkan mampu memperkuat kesehatan para tenaga kesehatan seperti petugas ambulans, petugas pemulasaraan jenazah, dan perawat. Mereka adalah kelompok berisiko tinggi yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 serta jenazah,’’ kata Nurtjahjo, Rabu (21/7/2021). 

Gerakan ini akan berlangsung sepanjang Juli – Agustus 2021 tersebut, merupakan bentuk keprihatinan terhadap lonjakan kasus Covid-19.

 
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas