Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Pengamat: Pemerintah Ingin Netralkan Istilah yang Buat Mencekam dan Bikin Stres

(Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk tidak lagi menggunakan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Mikro

Pengamat: Pemerintah Ingin Netralkan Istilah yang Buat Mencekam dan Bikin Stres
YouTube Kompas Tv
Pengamat Politik, Ujang Komarudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk tidak lagi menggunakan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Mikro.

Presiden meminta menggunakan istilah PPKM Level 1 hingga 4 yang dinilai lebih sederhana.

Terkait hal itu, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta Ujang Komarudin menilai kebijakan tersebut diambil karena istilah PPKM Darurat seolah membuat keadaan mencekam. 

"Mungkin istilah PPKM Darurat membuat keadaan mencekam, karena ada kata-kata darurat. Sepertinya pemerintah ingin menetralkannya dengan level 4, agar seolah-olah nggak menjadi horor bagi rakyat," ujar Ujang, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (22/7/2021). 

Akan tetapi, Ujang mengkritik kebijakan pemerintah yang kerap mengganti-ganti istilah selama pandemi Covid-19 ini. 

Istilah dan narasi yang berbeda-beda dari pemerintah dinilai justru dapat membingungkan masyarakat. Tak menutup kemungkinan masyarakat juga akan stres. 

Baca juga: PPKM Darurat Diganti Jadi PPKM Level 4, Bagaimana dengan Syarat Perjalanan Pakai Mobil Pribadi?

"Pemerintah jangan membiasakan membuat istilah yang berubah-ubah dan membingungkan. Itu akan membuat rakyat marah, hal itu juga membuat rakyat stres," ungkapnya. 

Terlepas dari apapun istilah yang digunakan oleh pemerintah saat ini, Ujang menegaskan yang terpenting pemerintah mengutamakan dan melindungi masyarakat di tengah pandemi Covid-19

"Apapun istilahnya, yang penting itu pemerintah mesti urus rakyat dengan serius dan benar. Jika tidak, maka rakyat bisa berguguran satu demi satu," tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk tidak lagi menggunakan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Mikro.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas