Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Rumah Oksigen Diharapkan Dapat Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

GoTo bersama Kadin Indonesia dan Samator Group membangun Rumah Oksigen Gotong Royong, sebagai upaya menyediakan oksigen untuk perawatan pasien Covid-1

Rumah Oksigen Diharapkan Dapat Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
ilustrasi.Petugas menata tabung oksigen di Posko Rumah Oksigen, Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Selasa (17/9/2019) sore. Pemerintah kota Pontianak menyediakan posko Rumah Oksigen di 7 lokasi di Kota Pontianak untuk pertolongan pertama apabila ada warga yang mengalami sesak napas akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan. (TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - GoTo bersama Kadin Indonesia dan Samator Group membangun Rumah Oksigen Gotong Royong, sebagai upaya menyediakan oksigen untuk perawatan pasien Covid-19.

Komisaris GoTo Garibaldi Thohir mengatakan, pendirian fasilitas ini didasari pada beratnya beban pemerintah dalam mendistribusikan tabung oksigen kepada pasien Covid-19.

"Harapan kami, fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong dapat meringankan beban pemerintah, dan masyarakat sehingga kita bisa segera melalui masa sulit ini bersama-sama," kata Boy dalam keterangannya, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Boy sapaan Garibaldi Thohir, perumusan konsep dan pengerjaan Rumah Oksigen Gotong Royong bersama dengan anggota Kadin Indonesia dilakukan dalam waktu cepat.

Saat ini, kata Boy, fasilitas tersebut memasuki tahap finalisasi dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat, di mana masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut melalui telemedicine Halodoc.

Baca juga: Dalam 3 Minggu, Pertamina Distribusikan 1.335 Ton Oksigen untuk 206 Rumah Sakit

Rumah oksigen ini merupakan fasilitas kesehatan semi permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen, dan tempat tidur perawatan bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang.

Fasilitas ini didirikan di sebelah kawasan pabrik Samator Group yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

Pembangunannya dilakukan di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel, dan didukung PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang meninjau Rumah Oksigen beberapa waktu lalu menyebut penanganan pandemi harus dilakukan secara bersama-sama. 

"Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan Covid-19 demi rakyat. Kita perlu bersama-sama dalam menghadapi Covid-19, ini tantangan kita bersama," kata Luhut.

Sedangkan, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid menjelaskan, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan Covid-19

"Kebutuhan oksigen bagi warga terpapar Covid-19 menjadi hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini,” ucap Arsjad.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas