Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Kolaborasi Swasta dan Pemerintah untuk Penuhi Kebutuhan Tabung Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Melihat situasi terkini akan kebutuhan oksigen yang tinggi, kolaborasi pihak swasta dan pemerintah menjadi langkah sinergis

Kolaborasi Swasta dan Pemerintah untuk Penuhi Kebutuhan Tabung Oksigen Bagi Pasien Covid-19
dok CropLife Indonesia
CropLife Indonesia menyerahkan donasi oksigen medis untuk Rumah Sakit di Brebes-Jawa Tengah sebanyak 20 unit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelangkaan tabung oksigen dan sulitnya melakukan pengisian oksigen telah menjadi isu penting sejak awal Juli 2021, tentunya hal ini patut menjadi perhatian bersama.

Melihat situasi terkini akan kebutuhan oksigen yang tinggi, kolaborasi pihak swasta dan pemerintah menjadi langkah sinergis guna mengatasi mengatasi masalah tersebut.

Langkah tersebut yang dilakukan CropLife Indonesia bersama-sama dengan anggota perusahannya (BASF, Bayer, Corteva, FMC, Nufarm dan Syngenta) dalam mendukung upaya pemerintah menangani pandemi Cobid-19.

Pihaknya bersinergi dengan instansi kementerian dalam upaya mendukung ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19, yakni dengan melakukan program donasi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

Direktur Eksekutif, Agung Kurniawan mengatakan CropLife Indonesia memang tidak bergerak di bidang Kesehatan.

Namun CropLife Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan, keamanan penggunaan dan keselamatan, hal tersebut terefleksi melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CropLife Indonesia dan seluruh anggota perusahaannya.

DEPO ISI ULANG - Prajurit TNI AL mengisi tabung oksigen di KRI dr. Soeharso-990 di Koarmada II, Surabaya, Kamis (22/7/2021). TNI AL melalui Koarmada II membantu Pemprov Jatim dalam pelayanan isi ulang oksigen bagi Rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
DEPO ISI ULANG - Prajurit TNI AL mengisi tabung oksigen di KRI dr. Soeharso-990 di Koarmada II, Surabaya, Kamis (22/7/2021). TNI AL melalui Koarmada II membantu Pemprov Jatim dalam pelayanan isi ulang oksigen bagi Rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

"Secara berkesinambungan CropLife selalu memberikan edukasi kepada petani, termasuk petani di Brebes, agar memakai APD (Alat Pelindung Diri) yang benar saat melakukan aplikasi produk perlindungan tanaman termasuk membangun kesadaran bagi para petani agar selalu mencuci tangan dan membersihkan diri setelah selesai melakukan aplikasi perlindungan tanaman," jelas Agung, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Ketua Kadin Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong Royong

Donasi diberikan berupa 170 unit tabung yang sudah terisi oksigen dengan spesifikasi tabung Oksigen Medis berukuran 6m3, baru dan berwarna putih.

Penyerahan donasi Oksigen Medis ini diserahkan untuk Rumah Sakit di Brebes-Jawa Tengah sebanyak 20 unit.

Dalam waktu dekat, sebanyak 150 unit akan diserahkan kepada pihak Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) dan BNPB.

Bupati Brebes, Idza Priyanti menyampaikan apresiasi kepada CropLife atas donasi yang diberikan karena hal tersebut menunjukkan kepedulian dan kebersamaan dalam membantu pasien Covid-19 di wilayah Brebes.

"Saat ini kondisi pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RS Brebes cukup tinggi, sehingga jenis bantuan berupa tabung oksigen sangatlah tepat karena dapat mendukung percepatan penyembuhan pasien," ujar Idza.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas