Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Mahfud MD Minta Tokoh Agama Kampanyekan Ketenangan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Mahfud MD meminta kepada para tokoh agama untuk membantu mengampanyekan ketenangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Mahfud MD Minta Tokoh Agama Kampanyekan Ketenangan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meminta kepada para tokoh agama untuk membantu mengampanyekan ketenangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Ia mengatakan ketenangan tersebut merupakan bagian dari pendekatan spiritual selain berdoa dalam menghadapi pandemi ini.

Hal tersebut disampaikannya saat dialog virtual bersama para pengurus dan pimpinan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Majelis Tinggi Agam Konghucu Indonesia (Matakin), dan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Kamis (29/7/2021).

"Tolong para ulama, tokoh agama ini supaya juga mengampanyekan masyarakat tenang, penyakit ini sama dengan penyakit lain ada obatnya, penyakit apapun ada obatnya," kata Mahfud.

Mahfud mengungkapkan para ahli kedokteran di masa lalu antara lain Ibnu Sina mengatakan separuh dari kesembuhan adalah ketenangan.

Baca juga: Penyebab Aktor Senior Urip Arphan Meninggal Dunia, Bukan karena Covid-19

Namun demikian, kata dia, selain doa dan ketenangan kita semua tetap perlu melakukan ikhtiar lainnya dalam menghadapi pandemi.

Ikhtiar tersebut, kata dia, di antaranya adalah menjalankan pola hidup sehat, menaati protokol kesehatan, serta pengobatan.

"Membuat masyarakat tenang, kemudian taat terhadap bagaimana pola hidup sehat itu diatur. Yang 50%nya itu ya pengobatan, prokes, dan sebagainya. Ketenangan itu dibangun dari sudut pandang agama, adat, dan kearifan lokal itu supaya dibangun," kata Mahfud.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas