Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Rumah Oksigen Bukti Peran Pengusaha Bantu Pemerintah Tanggulangi Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kontribusi pelaku usaha melalui pendirian Rumah Oksigen Gotong Royong yang akan mampu menampung 500 pasien

Rumah Oksigen Bukti Peran Pengusaha Bantu Pemerintah Tanggulangi Pandemi Covid-19
Biro Pers Sekretariat Presiden
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid memaparkan konsep Rumah Oksigen Gotong Royong kepada Presiden Jokowi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kontribusi pelaku usaha melalui pendirian Rumah Oksigen Gotong Royong yang akan mampu menampung 500 pasien pada awal bulan depan.

Pendirian Rumah Oksigen sendiri merupakan kerja sama gotong royong Kadin, GoTo, PT Aneka Gas Industri (Samator), serta PT Master Steel yang memiliki lahan.

Diharapkan, adanya fasilitas ini bisa membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit (RS), terutama di beberapa kawasan yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur cukup tinggi.

Komisaris GoTo Garibaldi Thohir mengatakan, pendirian fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong ini didasari pada beratnya beban pemerintah dalam mendistribusikan tabung oksigen kepada pasien Covid-19.

"Untuk itulah maka kami, selaku pengusaha yang beroperasi di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa hadir dan berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19," kata Garibaldi Thohir dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Bantu Pasien Covid-19, Perusahaan Petrokimia Ini Donasi 100 Ton Oksigen Cair ke Pemprov DKI Jakarta

Garibaldi, yang akrab disapa Boy Thohir ini pun berharap, fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat.

Sehingga, situasi sulit di tengah angka kasus Covid-19 yang naik bisa segera dilalui bersama-sama.

Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk ini juga menambahkan, perumusan konsep dan pengerjaan Rumah Oksigen Gotong Royong bersama dengan anggota Kadin Indonesia dilakukan dalam waktu cepat. 

Saat ini fasilitas tersebut memasuki tahap finalisasi dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat. 

"Nantinya, masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini melalui telemedicine Halodoc," terang Wakil Ketua Umum (WKU) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Sumber Daya Mineral, Batubara dan Kelistrikan ini.

Diketahui, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semipermanen yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang.

Fasilitas tersebut didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri dan direncanakan memiliki 500 tempat tidur perawatan.

Di fasilitas itu Pulo Gadung akan ada sebanyak 500 bed, di mana masing-masing bed memiliki akses ke oksigen yang disuplai langsung dari pabrik gas Samator.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas