Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Mendagri Ajak Ormas Bantu Penanganan Pandemi hingga Percepat Vaksinasi

Tito Karnavian meminta organisasi kemasyarakatan (ormas) dan seluruh elemen masyarakat untuk bergandengan tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19,

Mendagri Ajak Ormas Bantu Penanganan Pandemi hingga Percepat Vaksinasi
dok Kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Senin (23/8/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta organisasi kemasyarakatan (ormas) dan seluruh elemen masyarakat untuk bergandengan tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, beserta dampak turunannya.

Ia menyadari, pandemi Covid-19 yang merupakan wabah di sektor kesehatan telah merambah dan menimbulkan krisis di bidang lainnya, seperti ekonomi, keuangan dan sosial.

Menurutnya, hal ini harus dihadapi dan ditangani secara bersama, termasuk dalam urusan percepatan vaksinasi

“Populasi negara kita sangat besar, tidak bisa Apple to Apple dibandingkan dengan negara kecil yang penduduknya hanya puluhan ribu, ratusan ribu atau hanya sekian juta,” katanya dalam Ormas Expo Tahun 2021, Senin (23/8/2021).

Indonesia memiliki sekitar 270 juta penduduk yang minimal 2/3 nya harus segera divaksinasi untuk membentuk herd immunity.

Mendagri mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan krisis multidimensi dan pandemi terluas dalam sejarah umat manusia yang belum pernah dihadapi bangsa Indonesia sejak merdeka.

Baca juga: Jubir Vaksinasi Covid-19: Respons Tiap Orang pada Vaksin Moderna Itu Beda-Beda

Krisis kesehatan ini juga menimbulkan efek domino pada sektor lain yang perlu dihadapi secara bersama, baik itu pemerintah maupun non pemerintah.

Ia juga mengatakan, sejarah mencatat, berkat kebersamaan, bangsa Indonesia telah mampu mempertahankan kemerdekaan hingga di usianya 76 tahun dan berhasil melewati berbagai tantangan yang ada.

“Kita perlu bergandengan tangan membangun kekuatan dan kebersamaan, bangsa kita berdiri karena kebersamaan, kita masih tetap bisa survive dan mencapai 76 tahun karena kebersamaan kita, pemerintah dan nonpemerintah, semua elemen bangsa,” tuturnya.

Menurut Mendagri, dalam sistem negara demokrasi, pemerintah bukanlah satu-satunya yang memiliki peran dominan dalam melaksanakan pembangunan.

Sebaliknya, sistem demokrasi mengamanatkan adanya kekuasaan di tangan rakyat.

Yakni dengan diberikannya hak dan jaminan untuk mengemukakan pendapat, berserikat, dan berkumpul, salah satunya dengan diberikannya ruang untuk dibentuk organisasi kemasyarakatan atau ormas.

Keberadaan ormas ini juga diharapkan dapat mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh stakeholder bangsa dalam mempercepat pembangunan, termasuk berperan dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

“Dengan adanya Ormas Expo 2021 yang saat ini melibatkan 20 ormas, saya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi, kita memberikan kontribusi mungkin kecil tapi dapat memberikan makna yang besar, men-trigger ormas lain yang jumlahnya ribuan untuk semuanya bangkit sesuai dengan bidang tugas masing-masing untuk membantu mengendalikan pandemi,” pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas