Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

KSPI Tolak Pabrik Beroperasi 100 Persen Sebelum Terjadi Herd Immunity

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan belum seluruh buruh tervaksinasi Covid-19. 

KSPI Tolak Pabrik Beroperasi 100 Persen Sebelum Terjadi Herd Immunity
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Dalam mewujudkan Indonesia bebas pandemi Covid-19 diperlukan sinergitas TNI-Polri dengan penanganan yang serius, ekstra dan berkelanjutan, tentunya hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama terutama TNI, Polri dan Aparat Pemerintah sebagai pilar utama dalam memberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat. Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat melaksanakan peninjauan Serbuan Vaksinasi bagi buruh di wilayah Jawa Barat, bertempat di Gedung Kahatex Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/8/2021). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan belum seluruh buruh tervaksinasi Covid-19

Akibatnya, herd immunity atau kekebalan kelompok yang diharapkan belum bisa terjadi lantaran 50 persen buruh belum tervaksin.

Adapun buruh yang belum mendapat vaksin, utamanya terdapat di perusahaan padat karya seperti tekstil dan garmen. 

"Karena perusahaan padat karya yang berorientasi ekspor seperti tekstil, garmen, dan sepatu banyak buruhnya yang belum divaksin," tegas Said Iqbal dalam keterangannya, Selasa (24/8/2021).

KSPI juga menyoroti beda kebijakan yang dibuat pemerintah, khususnya soal operasional pabrik.

Pasalnya saat pemerintah pusat membuat ketentuan perusahaan hanya boleh beroperasi 50 persen selama PPKM, tapi Kementerian Perindustrian justru membolehkan pabrik yang sudah mengantongi izin IOMKI menjalankan kegiatannya 100 persen bahkan sebelum PPKM berlaku.

Baca juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Kaltim Sebanyak 24 Ribu Dosis

"Oleh karena itu, harus diperiksa apakah perusahaan yang tetap berjalan 100 persen sudah terjadi herd immunity atau belum," terangnya. 

Jika buruh belum 100 persen tervaksin dan kekebalan kelompok belum terjadi, KSPI menolak pabrik beroperasi penuh tanpa pembatasan.

Selain itu, KSPI juga meminta perusahaan yang pekerjanya sedang melakukan isolasi mandiri, tetap menyalurkan vitamin dan obat - obatan gratis.

Harapannya keterpaparan mereka dari kasus Covid-19 bisa cepat selesai.

"Hal yang lain, KSPI meminta agar buruh yang melakukan isolasi mandiri bisa mendapatkan vitamin dan obat-obatan gratis yang disediakan melalui jaringan klinik dan rumah sakait BPJS Kesehatan. Sehingga mereka bisa cepat pulih ketika terpapar Covid," pungkasnya.
 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas