Tribun

Virus Corona

Airlangga Berharap Daerah Lain Contoh Kampung Tangguh, Nihilkan Kasus Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan monitoring dan evaluasi penanganan pandemi Covid-19 di Kota Palu

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Airlangga Berharap Daerah Lain Contoh Kampung Tangguh, Nihilkan Kasus Covid-19
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan monitoring dan evaluasi penanganan pandemi Covid-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Airlangga mengapresiasi program Kampung Tangguh yang terletak di RT 02 RW 04, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu karena telah berhasil menihilkan kasus aktif Covid-19 sejak Juni 2020. 

"Saya mengapresiasi upaya yang diakukan Kampung Tangguh ini. Harapannya bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya,” ujar Airlangga, Jumat (27/8/2021).

Kampung Tangguh ini memiliki Posko PPKM Mikro serta Posko Induk Kelompok Informasi Masyarakat yang didukung juga dengan adanya Duta Covid-19 untuk mengedukasi masyarakat agar taat protokol kesehatan, menjelaskan perihal vaksin, juga mendukung pelaksanaan 3T di tengah masyarakat.

Baca juga: Kunjungi Sulawesi Tengah, Menko Airlangga Lepas Ekspor Kakao Biji Sebagai Komoditas Andalan Provinsi

Kampung Tangguh di Kota Palu ini juga memiliki lebih dari 30 Usaha Mikro Kecil (UMK) milik warga yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari pakaian, makanan, minuman, dan lainnya untuk terus menggerakkan perekonomian warga. 

Selain mengunjungi Kampung Tangguh, Airlangga juga mengunjungi lokasi isolasi terpusat (Isoter) milik Provinsi Sulawesi Tengah yang terletak di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). 

Fasilitas Isoter dengan kapasitas 84 tempat tidur ini, khusus untuk menangani pasien dalam kelompok orang tanpa gejala dan untuk yang bergejala ringan. 

Airlangga pun berdialog langsung dengan pasien dari jarak jauh dan memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para pasien. 

"Saya juga mengapresiasi tenaga kesehatan (nakes). Tetap semangat dan terus berjuang,” paparnya. 

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini juga melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan vaksinasi yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. 

“Pemerintah selalu berupaya keras untuk suksesnya vaksinasi Covid-19 di Indonesia, namun kunci dari keberhasilannya adalah harus didukung oleh semua pihak, semua komponen masyarakat Indonesia,” ujar Airlangga.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas