Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Relawan Lapor Covid-19 Terima 129 Aduan Terkait Pelanggaran Saat Pelaksanaan PTM

Terkait jenis laporan, Diah mengatakan mayoritas aduan adalah terjadinya pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan PTM.

Relawan Lapor Covid-19 Terima 129 Aduan Terkait Pelanggaran Saat Pelaksanaan PTM
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi: Siswa dan guru mengikuti Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD Negeri Cimahi Mandiri 2, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021). Dinas Pendidikan Kota Cimahi menggelar simulasi pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di 27 PAUD/TK, 102 SD, dan 38 SMP sebagai persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada 19 Juli 2021 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lapor Covid-19 menerima total 129 aduan terkait pelanggaran yang terjadi saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, periode Januari hingga Agustus 2021.

Tim Advokasi Relawan Lapor Covid-19 Diah Dwi Putri mengatakan ada kenaikan yang cukup signifikan dalam tiga minggu terakhir, yakni sebelum status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diturunkan.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers virtual bertajuk Situasi Terkini Pendidikan di Indonesia, Minggu (29/8/2021).

"Kami memperoleh 129 laporan di mana di tiga bulan terakhir ini terdapat lonjakan laporan yang cukup signifikan. Ini merupakan data mingguannya di mana tiga minggu terakhir ini laporannya cukup tinggi di mana sebelum status PPKM diturunkan, totalnya 34 laporan," kata Diah.

Baca juga: Revisi UU Otsus Sangat Penting untuk Peningkatan Kesejahteraan Warga Papua

Baca juga: Kasus Mayat Wanita Terbungkus Selimut di Sungai Terungkap, Pelaku Memiliki Kelainan

Baca juga: Besok PTM di Jakarta Dimulai, Pasar Jatinegara Ramai Pengunjung

Diah mengungkapkan, terdapat tiga wilayah yang menempati laporan terbanyak.

Di Jawa Barat terdapat 17 laporan, Banten ada 7 laporan dan 4 laporan dari Jawa Tengah.

"Untuk komposisinya ada 16 persen itu dari sekolah usia dini, lalu 32 persen dari SD dan 11 persen dari SMP, SMA 30 persen perguruan tinggi 8 persen, pendidikan agama dan sekolah Pendidikan Agama atau Taman Pembelajaran Alquran sebanyak 3 persen," ujarnya.

Terkait jenis laporan, Diah mengatakan mayoritas aduan adalah terjadinya pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan PTM.

"Jadi ada salah satu sekolah di Jawa Tengah yang melakukan pembelajaran tatap muka, siswa serta gurunya itu tidak menggunakan masker ataupun jaga jarak. Jadi seperti sekolah tanpa ada Covid-19, sekolah biasa saja normal," tandasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas