Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Progres Lambat, Wamenkes Imbau Antar dan Temani Lansia saat Vaksinasi

Kementerian Kesehatan meminta pemerintah daerah terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok lansia.

Progres Lambat, Wamenkes Imbau Antar dan Temani Lansia saat Vaksinasi
Warta Kota/Henry Lopulalan
Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door atau rumah ke rumah di kawasan Sunter Agung, Sunter, Jakarta Utara, Senin (16/8/2021). Vaksinasi yang dilakukan secara door to door itu dilakukan untuk sebagai langkah percepatan vaksinasi bagi lansia dan yang mengalami kelumpuhan. Warta Kota/henry lopulalan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan meminta pemerintah daerah terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok lansia.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, jumlah kelompok lansia yang telah menerima vaksin masih sangat rendah.

Padahal mereka termasuk kelompok yang paling rentan.

Baca juga: Lambannya Vaksinasi Lansia Jadi Pekerjaan Rumah bagi Kemenkes

Baca juga: Kemenkes: Baru 5,3 Juta Lansia yang Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

"Untuk itu kita harus berusaha keras agar kelompok ini menjadi salah satu prioritas di daerah. Imbauan bagi pemerintah daerah dan dinas kesehatan daerah untuk terus mendorong percepatan vaksinasi bagi kelompok masyarakat rentan terutama itu," ujar Dante dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/9/2021).

Dari data yang ada, kematian yang ada di rumah sakit sebagian besar lebih dari 50 persen merupakan mereka dengan komorbiditas dengan mayoritas usia lanjut.

Aarga Solo menunjukan data diri saat akan melakukan vaksinasi yang dibantu dengan fasilitas Mobil Klinik Indosat Ooredoo, Sabtu (26/6/2021). Mobil klinik Indosat Ooredoo dengan teknologi 5G membantu dalam mempercepat proses vaksinasi 124 warga lansia dan pra lansia di kelurahan Mojosongo kota Solo. TRIBUNNEWS.COM/HO
Aarga Solo menunjukan data diri saat akan melakukan vaksinasi yang dibantu dengan fasilitas Mobil Klinik Indosat Ooredoo, Sabtu (26/6/2021). Mobil klinik Indosat Ooredoo dengan teknologi 5G membantu dalam mempercepat proses vaksinasi 124 warga lansia dan pra lansia di kelurahan Mojosongo kota Solo. TRIBUNNEWS.COM/HO (TRIBUNNEWS.COM/HO)

"Mari kita terus dukung percepatan vaksinasi bagi lansia kita daftarkan, antar, dan temani orangtua saudara bahkan tetangga kita yang berusia lansia, agar dapat mengikuti program vaksinasi. Demi kesehatan dan keselamatan mereka," harapnya.

Sebelumnya Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengakui, progres vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kelompok lansia berjalan lambat.

Dari 21,5 juta sasaran, baru 5,3 juta jiwa lansia atau 24 persen yang menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas