Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Tangani Covid-19, Smartcolab Kantongi Sertifikasi BLS 2+

Sari Pramono menyebut, semua laboratorium yang dimiliki Smartcolab telah memenuhi standar biosafety level-2 atau BLS 2+ Smartcolab.

Tangani Covid-19, Smartcolab Kantongi Sertifikasi BLS 2+
istimewa
Foto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan surat edaran terkait laboratorium yang diperbolehkan melakukan testing Covid-19, minimal berstandar biosafety level 2.

Menyikapi hal tersebut, CEO Smartcolab, Sari Pramono menyebut, semua laboratorium yang dimiliki Smartcolab telah memenuhi standar biosafety level-2 atau BLS 2+ Smartcolab.

“Semua ketentuan dalam sertifikasi tersebut seperti kelengkapan dan kualitas sarana dan prasarana, keamanan peralatan, biosafety cabinet, hingga kompetensi sumberdaya manusia dan good laboratory practices sudah terpenuhi oleh Smartcolab. Sehingga semua pelanggan tidak perlu ragu untuk mendapatkan layanan di sini,” ujar Sari dalam keterangannya, Jumat (2/9/2021).

Menurutnya, dalam penanganan masalah Covid-19 yang terus terjadi hingga saat ini, tidak sembarangan laboratorium diperbolehkan melakukan pemeriksaan Covid-19.

Baca juga: Menkes Prihatin Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Dijual Bebas Agar Leluasa Bepergian

Penerapan standar terhadap mekanisme testing, kata Sari, merupakan hal penting dipenuhi agar hasil dari layanan tersebut lebih baik, maksimal, dan akurat.

“Pedoman biosafety laboratorium sendiri terdiri dari beberapa level. Untuk level ke-1 diberikan pada laboratorium yang menguji mrikroba yang bahayanya minim seperti bakteri penyebab penyakit herpes. Level ke-2 untuk yang bahayanya sedang seperti virus campak dan hepatitis B," ujarnya.

"Level ke-3 untuk yang lebih serius seperti mikroba penyebab TBC, dan yang terakhir yaitu level 4. Pemerintah sendiri menetapkan minimal level-2 dan Smartcolab sudah memilikinya,” sambung Sari.

Ia menyebut, hasil testing dan tracing dari laboratorium yang sudah terdaftar di BLS 2+, dapat membantu pemerintah untuk mendapatkan data yang valid dan realtime.

"Kedepannya Smartcolab berencana untuk menaikkan level sertifikasi biosafety ini hingga level-3 demi kepuasan maksimal pelanggan," paparnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas