Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Meski Tinggal Dua Provinsi yang Masih Level 4, Pemerintah Masih Waspadai Kemunculan Varian Mu

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan Update terkini terkait

Meski Tinggal Dua Provinsi yang Masih Level 4, Pemerintah Masih Waspadai Kemunculan Varian Mu
SRIWIJAYA POST/SYAHRUL HIDAYA
Ilustrasi --- Masyarakat umum divaksin di Kampus Poltekpar Jakabaring Palembang, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 4.400 pengendara ojol dan masyarakat umum Kota Palembang divaksinasi massal dalam gelar Fasilitasi Sentra Vaksinasi Kemenparekraf/Baparekraf bagi Masyarakat Umum dan Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dibuka oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno secara virtual. SRIPO/SYAHRUL 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan Update terkini terkait situasi penanganan Covid-19 nasional.

Ia mengungkapkan jika Indonesia saat ini berada di situasi level dua. Sebelumnya pada bulan Juli lalu, berada di level empat. Saat ini kata Nadia, ada dua provinsi yang berada di level 4 yaitu Bali dan Kalimantan Timur.

"Yang lainnya sudah berada level tiga dan dua. Selain itu beberapa hari ini banyak berita munculnya varian baru Covid-19 yang memiliki kemampuan penularan lebih tinggi dan kekebalan terhadap vaksin," ungkapnya pada konferensi pers virtual, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Jokowi: Pengusaha Harus Tetap Waspada

Ia pun mengungkapkan jika Kemenkes dan sektor terkait, selalu melakukan pemantauan dan melakukan pemeriksaan terhadap kasus yang masuk ke indonesia. Termasuk penularan lokal yang terjadi di dalam negara.

"Sampai saat ini tidak kurang 5835 hasil sekuensi telah lapor. Dan dari total tersebut 2300 adalah varian Delta yang telah ditemukan di 33 provinsi Indonesia," ungkapnya lagi.

Selain itu kata Nadia, pemerintah juga telah melakukan pemantauan varian yang muncul. Baik itu Varians Off Concern dan juga varians Off Interest salah satunya varian Mu. Serta varian lokal yang muncul di Indonesia.

Baca juga: Panglima TNI Minta Forkopimda Kalimantan Barat Tidak Lengah Meski Kasus Covid-19 Turun

"Saat ini kami melakukan pemantauan varian Mu yang menyebar di 43 negara.
Kami terus berkoordinasi dengan petugas di pintu masuk negara untuk menyusun kebijakan mengantisipasi varian dikatakan memiliki kekebalan atau efek terhadap vaksinasi," kata Nadia lagi.

Pemerintah berupaya mencegah varian baru ini melalui pengetatan karantina dari internasional. Entry dan exit testing serta persyaratan vaksinasi.

Selain itu, pemerintah disebut terus berkonsultasi dengan WHO untuk memperbarui terkait varian Mu dan varian lain menyebar di Indonesia.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas