Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Airlangga Hartarto: Tingkat Penularan Covid-19 di Indonesia Rendah, Pandemi Mulai Terkendali

Berdasarkan data yang diperoleh dari Our World in Data per 14 September 2021, national transmission rate Indonesia berada di tingkat 0,59

Airlangga Hartarto: Tingkat Penularan Covid-19 di Indonesia Rendah, Pandemi Mulai Terkendali
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua Tim Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ketua Tim Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyebut transmission rate atau tingkat penularan kasus Covid-19 di Indonesia lebih rendah dari rata-rata dunia.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Our World in Data per 14 September 2021, national transmission rate Indonesia berada di tingkat 0,59 dari tingkat global sebesar 0,94.

"Penilaian di bawah 1 ini menandakan bahwa angka infeksi komunitas dan pandemi ini mulai terkendali,” kata Airlangga, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id & Aplikasi, Berikut Solusi jika Belum Muncul

Airlangga yang juga menjabat Menko Perekonomian menjelaskan, national transmission rate Indonesia lebih baik dari standar yang harus di bawah angka atau tingkat global sebesar 0,94.

Transmisi on rate Indonesia juga lebih baik dari Singapura dengan nilai 1,81, China 1,53, Australia 1,14, Amerika Serikat 1,03, Malaysia 0,95, dan Thailand 0,95.

"Walau mulai terkendali masih ada risiko kenaikan kasus karena kenaikan mobilitas sehingga perlu hati-hati dan waspada,” ujarnya.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 21 September 2021: Dosis Pertama 80 Juta, Dosis Kedua 45 Juta

Airlangga pun merinci tingkat transmission secara spasial di pulau-pulau di Indonesia.

“Sumatera transmission rate-nya 0,99, Kalimantan, Bali, Papua 1,0 - 1,2, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku 1,01-1,03,” katanya.

Sehingga, tingkat perkembangan kasus di luar Jawa-Bali tren menunjukan tren perbaikan yang cukup bagus. Dari total kasus aktif secara nasional, luar Jawa-Bali menyumbang sekitar 61,95 persen recovery rate kasus nasional.

Baca juga: Luhut Ingatkan Masyarakat Tak Euforia, Pengetatan Aktivitas Akan Dilakukan Bila Kasus Covid-19 Naik

"Lalu kesembuhan nasional 95 persen dan luar Jawa - Bali ini 94,17 persen, dan terkait dengan rata-rata kematian nasional 3,07 persen di bawah nasional 3,35 persen," papar Airlangga.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas