Tribun

Virus Corona

Warga Rusak Gerai Vaksinasi di Aceh, Kemenkes Minta Pemda Gencarkan Sosialisasi Pentingnya Vaksin

Siti Nadia Tarmizi menyesalkan aksi warga di Desa Padang Baru, Kabupaten Aceh Barat Daya yang merusak fasilitas vaksinasi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Warga Rusak Gerai Vaksinasi di Aceh, Kemenkes Minta Pemda Gencarkan Sosialisasi Pentingnya Vaksin
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers virtual, Rabu (29/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyesalkan aksi warga di Desa Padang Baru, Kabupaten Aceh Barat Daya yang merusak fasilitas vaksinasi.

"Kami tentunya menyayangkn aksi yang terjadi di desa Padang Baru Aceh yang kemarin berujung ricuh," kata Nadia saat konferensi pers virtual, Rabu (29/9/2021).

Kementerian Kesehatan berharap semua masyarakat dapat mendukung vaksinasi sebagai upaya bersama keluar dari pandemi Covid-19 ini.

"Dan ini (vaksinasi) akan membangkitkan aktivitas perekonomian kita semua," ujar perempuan berhijab ini.

Baca juga: Penyintas Covid-19 dengan Gejala Ringan dan Sedang Bisa Vaksinasi Setelah Sebulan Sembuh

Di sisi lain, pihaknya berharap pemerintah daerah dapat lebih mendorong upaya sosialisasi dan edukasi terkait vaksinasi dan bahaya Covid-19.

"Tentunya ini melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat setempat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik lagi terhadap bahaya Covid-19 dan pentingnya untuk mendapatkan vaksinasi," katanya.

Sebelumnya beredar video pengrusakan fasilitas vaksinasi oleh puluhan warga di Pelabuhan dan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Kisah Petugas Kesehatan di Solok Selatan, Lewati Jalan Berlumpur untuk Lakukan Vaksinasi Covid-19

Massa tersebut melakukan pembubaran paksa kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Polsek Susoh, Koramil/04 Susoh, Pol Aiurud, dan Puskesmas Sangkalan.

Dikutip dari Serambinews.com, insiden terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Informasi yang diperoleh Serambi, aksi itu dipicu kekesalan para pedagang ikan dan nelayan atas kedatangan petugas vaksinasi ke PPI Ujung Serangga.

Baca juga: Pemerintah Terapkan Prinsip Merata dan Setara Vaksinasi Covid-19 bagi WNA

Mereka merasa kedatangan petugas membuat ikan dagangan mereka menjadi sepi pembeli.

“Akibat ada petugas vaksin itu, warga takut datang ke PPI Ujung Serangga dan ikan mereka tidak habis terjual,” ujar warga Susoh, Syahril.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas