Tribun

Penanganan Covid

Kemenkes : Suntikan Vaksinansi Covid-19 Capai Lebih dari 200 Juta Dosis

Kementerian Kesehatan mencatat, hingga Kamis (4/11/2021) penyuntikan vaksin Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 200 juta suntikan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Kemenkes : Suntikan Vaksinansi Covid-19 Capai Lebih dari 200 Juta Dosis
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga yang tergabung dalam komunitas pemulung mengikuti vaksinasi Covid-19 di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali mengambil peran dalam akselerasi program vaksinasi nasional dengan menyediakan akses vaksinasi ke 1.000 anggota komunitas pemulung yang berkolaborasi dengan Sentra Vaksinasi Serviam dan Perkumpulan Pemulung Indonesia Mandiri (PPIM) menyelenggarakan program ini pada 29 - 31 Oktober di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan mencatat, hingga Kamis (4/11/2021) penyuntikan vaksin Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 200 juta suntikan.

Jumlah tersebut terdiri dari 123,4 juta suntikan dosis pertama, 77,1 suntikan dosis kedua, serta 1,1 juta suntikan dosis ketiga.

Sehingga jumlah suntikan vaksinasi telah mencapai 201,6 juta suntikan.

Baca juga: Baru 40 Persen Lansia Mendapatkan Vaksin Covid-19 Dosis 1, Vaksinasi Lansia Harus Dipercepat

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6 Tahun ke Atas, Pakai Vaksin Sinovac

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes, drg. Widyawati, MKM mengatakan, cakupan vaksinasi dicapai melalui usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.

“Kami terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada,” katanya, Jumat (5/11/2021) di Jakarta.

Percepatan vaksinasi terus diupayakan dengan membuka vaksinasi massal atau sentra vaksinasi di banyak tempat. Hal tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

Sandiaga Uno saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Sandiaga Uno saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Istimewa)

Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

“Pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” ucap drg. Widyawati.

Ia berpesan agar masyarakat Indonesia segera melakukan vaksinasi, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
menyatakan, pada pekan ini vaksinasi dapat menyentuh angka 200 juta.

"Minggu ini kita menyentuh angka 200 juta.
Jadi setiap 5 minggu sekarang kita nambah 50 juta suntikan," ujar Menkes Menkes dalam konferensi pers virtual perpanjangan PPKM, Senin (1/11/2021).

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas