Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengembang Vaksin Sputnik V Kembangkan Obat Mengandung Antibodi untuk Terapi Covid-19

Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya Rusia sedang mengembangkan obat yang mengandung antibodi untuk mengobati pasien

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Pengembang Vaksin Sputnik V Kembangkan Obat Mengandung Antibodi untuk Terapi Covid-19
Foto DTR
Ilustrasi. Pengembang Vaksin Sputnik V Kembangkan Obat Mengandung Antibodi untuk Terapi Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MOSKWA - Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya Rusia sedang mengembangkan obat yang mengandung antibodi untuk mengobati pasien virus corona (Covid-19).

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (10/11/2021), pernyataan ini disampaikan Direktur Pusat lembaga penelitian tersebut, Alexander Gintsburg.

"Saat ini kami sedang mengembangkan antibodi yang bisa diberikan kepada pasien virus corona dalam bentuk obat.

Kami akan memulai uji klinis pada Januari tahun depan, dan saya berharap kami akan menyelesaikan uji klinis ini dalam 3 hingga 4 bulan ke depan," kata Gintsburg.

Sementara itu, terkait masalah penggunaan vaksin hidung untuk Covid-19 dibandingkan vaksinasi biasa, ia menyampaikan temuan itu akan diputuskan selama uji klinis, dan saat ini belum ada jawaban pasti.

"Pertanyaannya bagus, benar, tidak ada jawaban tegas untuk ini. Selama uji klinis yang telah kami izinkan, salah satu pertanyaan yang akan ditanyakan adalah seperti apa yang anda tanyakan kepada saya," jelas Gintsburg.

BERITA TERKAIT

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat ditanya mengenai apakah vaksin hidung dapat menggantikan vaksin suntik atau akan digunakan selama vaksinasi ulang atau tambahan untuk penguat (booster).

Sebelumnya, Pusat Penelitian Gamaleya ini telah mengembangkan vaksin yang diklaim menjadi yang pertama di dunia untuk pencegahan Covid-19, Sputnik V.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas