Tribun

Virus Corona

Terjadi Tren Kenaikan Kasus Covid-19 di 43 Kabupaten dan Kota, Termasuk DKI Jakarta

Pemerintah memastikan bergerak cepat mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan kasus Covid-19.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Terjadi Tren Kenaikan Kasus Covid-19 di 43 Kabupaten dan Kota, Termasuk DKI Jakarta
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengunjung berada di mal Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (7/11/2021). Geliat pusat perbelanjaan kembali bergeliat pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu COVID-19 yang berlaku mulai 2-15 November 2021, salah satunya adalah kapasitas pusat perbelanjaan atau mal diizinkan hingga 100 persen dan beroperasi hingga pukul 22.00 waktu setempat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdapat lima provinsi yang menjadi sorotan utama peningkatan kasus Covid-19 pada pekan ini yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Di Pulau Jawa-Bali, tren kenaikan kasus terjadi di 43 kabupaten/kota dalam 7 hari terakhir.

Pemerintah memastikan bergerak cepat mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan kasus Covid-19.

Serta tetap meminta protokol kesehatan tetap diutamakan di tengah relaksasi berbagai kegiatan.

"Kasus konfirmasi di Jawa Bali mengalami penurunan hingga 99 persen dari puncak kasus pada 15 Juli yang lalu," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Secara Nasional Terus Menurun, Ini Imbauan Satgas

Relaksasi PPKM berdampak pada kenaikan mobilitas yang cukup tinggi.

Peningkatan ini harus diwaspadai karena terdapat 34 persen Kabupaten/Kota di Jawa Bali yang mobilitasnya tinggi namun tingkat vaksinasinya belum mencapai target.

Untuk itu, pemerintah daerah diminta berperan aktif dan tegas dalam menindak pelanggaran prokes dan memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat perbelanjaan, restoran, wisata, dan yang lain.

Menkominfo juga mendorong Forum Koordinasi Pimpinan Daerah
(Forkopimda) agar bertindak tegas terhadap pelanggaran protokol kesehatan.

"Masyarakat diminta agar tetap waspada dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," tegas Johnny.

Meski demikian, kasus Covid-19 di Indonesia tetap terkendali dan terus membaik karena pelaksanaan PPKM yang konsisten dan senantiasa dievaluasi pemerintah.

Data dari WHO Indonesia berada pada level 1 penularan Covid-19, sedangkan
menurut Nikkei Indeks pemulihan COVID-19 Indonesia berada diperingkat 41, tertinggi di Asia.

Meski demikian, masyarakat tetap waspada dan belajar dari pengalaman negara-negara di dunia yang mengalami lonjakan kasus akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas