Tribun

Virus Corona

Menkes : Ujian Penanganan Covid-19 Ada Saat Libur Nata, Tahun Baru dan Idulfitri

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut, tantangan dalam pengendalian pandemi Covid-19 ada pada libur panjang, baik Natal dan Tahun Baru maupun Idulfitri.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Menkes : Ujian Penanganan Covid-19 Ada Saat Libur Nata, Tahun Baru dan Idulfitri
tribunnews.com/rina ayu
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021, Jumat (12/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, tantangan dalam pengendalian pandemi Covid-19 ada pada libur panjang, baik Natal dan Tahun Baru maupun Idulfitri.

Aktivitas dan mobilitas masyarakat cenderung meningkat, sehingga berpotensi terjadi lonjakan kasus.

Pemerintah mendorong agar masyarakat secara konsisten dan disiplin melakukan protokol kesehatan (3M) dan surveilans (3T) serta Vaksinasi.

Baca juga: Ketua DPD RI Minta Pergerakan WNA Diantisipasi Saat Libur Nataru

Baca juga: Hindari Kasus Impor Covid-19, Epidemiolog: Jangan Lengah Awasi Pintu Masuk Kedatangan Internasional

"Itu langkah-langkah yang sangat diperlukan agar kita bisa melampaui potensi lonjakan di Liburan Natal dan tahun baru dan nanti di liburan lebaran," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin saat peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021, Jumat (12/11/2021).

Menurut Budi, jika melewati tantangan tersebut tanpa lonjakan kasus, maka Indonesia bisa dikatakan telah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

Sejumlah penumpang yang akan menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (25/12/2020). Saat libur Natal dan Tahun Baru ini jumlah penumpang mengalami peningkatan dengan tujuan pulau Jawa dan Sumatera meski situasi sedang pandemi Covid-19. Tribunnews/Jeprima
Sejumlah penumpang yang akan menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (25/12/2020). Saat libur Natal dan Tahun Baru ini jumlah penumpang mengalami peningkatan dengan tujuan pulau Jawa dan Sumatera meski situasi sedang pandemi Covid-19. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

"Nantinya kalau kita berhasil melewati dua hari raya besar. Insya Allah Indonesia sudah bisa mengendalikan pandemi ini. Ujiannya memang akan terjadi di dua hari raya besar tadi," jelas mantan dirut Bank Mandiri ini.

Menkes pun mengapresiasi kerja keras tenaga dan petugas kesehatan selama pandemi ini.

Kondisi kasus Covid-19 di Indonesia yang terus menunjukkan penurunan adalah bukti kerja keras seluruh pihak termasuk tenaga dan petugas kesehatan

"Sekali lagi atas nama pribadi, atas nama Kementerian Kesehatan dan atas nama pemerintah Indonesia, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan Dharma Bakti seluruh Insan kesehatan di Indonesia. Pandemi ini belum kita ketahui apakah sudah selesai, masih banyak ketidakpastian yang harus kita hadapi terutama di liburan liburan besar tahun depan baik nataru maupun Idulfitri," ungkap mantan wamen BUMN ini.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas