Tribun

Virus Corona

Fungsi PeduliLindungi Akan Diperluas untuk Deteksi Dini Penyakit Menular Lainnya

Kemenkes rencananya memperluas fungsi aplikasi PeduliLindungi tidak hanya menangani pandemi Covid-19 saja, tapi juga deteksi penyakit menular lainnya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Fungsi PeduliLindungi Akan Diperluas untuk Deteksi Dini Penyakit Menular Lainnya
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengunjung melakukan scan barcode di aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk lapangan rumput sintetis di Alun-alun Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). Masuk ke tempat wisata rumput sintetis setiap pengunjung diharuskan mengenakan masker, scan barcode di aplikasi PeduliLindungi, cek suhu tubuh, dan mencuci tangan. Selama berada di lapangan rumput sintetis, pengunjung dilarang makan dan minum dan waktu kunjungan pun dibatasi hanya 1 jam. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) rencananya memperluas fungsi aplikasi PeduliLindungi agar tidak hanya menangani pandemi virus corona (Covid-19) saja.

Namun juga melakukan pendeteksian secara dini terhadap penyakit menular lainnya yang berpotensi meluas.

Baca juga: CARA Ubah Data Sertifikat Vaksin via WhatsApp PeduliLindungi, Ini 3 Cara jika Sertifikat Bermasalah

Baca juga: SCAN QR Code di PeduliLindungi, Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Shopee, Berikut Caranya

Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji mengatakan bahwa PeduliLindungi nantinya akan memperluas fungsinya untuk cakupan layanan kesehatan.

"PeduliLindungi, platform besar yang bisa dikembangkan buat penyakit menular lainnya, ini akan jadi platform layanan kesehatan," kata Setiaji, dalam diskusi virtual 'Digital Health Week 2021', Selasa (30/11/2021).

Diskusi virtual 'Digital Health Week 2021', Selasa (30/11/2021).
Diskusi virtual 'Digital Health Week 2021', Selasa (30/11/2021). (capture zoom meeting)

Ia menjelaskan bahwa PeduliLindungi nantinya akan diintegrasikan dengan platform lainnya yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan berbasis online (telemedicine).

Sinergi ini pun diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai status kesehatan mereka lebih dini melalui gabungan platform layanan kesehatan ini.

"Ada sinergi dengan konsultasi telemedicine, dikombinasikan dalam platform-platform lainnya, konfirmasi medic record Indonesia, untuk deteksi dini penyakit (menular) di Indonesia," jelas Setiaji.

Saat ini aplikasi PeduliLindungi masih difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas