Tribun

Virus Corona

Kemlu: Indonesia Terima Lebih Dari 13,9 Juta Vaksin Selama Januari 

Pada minggu ketiga bulan Januari atau periode 15 - 19 Januari 2022, Indonesia telah menerima 13.951.730 dosis vaksin.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kemlu: Indonesia Terima Lebih Dari 13,9 Juta Vaksin Selama Januari 
TRIBUN JATENG/HERMAWANHANDAKA
Petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Kedungmundu Semarang melakukan vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah guru dan pelajar yang terdiri dari TK, SD dan SMP Kebondalem 2 yang berlangsung di gedung sekolah, Rabu (19/1/22). Setidaknya ada sekitar 278 pelajar dari Sekolah Dasar, 3 pelajar dari SMP, 19 anak-anak dari Taman kanak-kanak dan tenaga pendidik mengikuti vaksinasi. Untuk guru yang sudah lebih dari 6 bulan melakukan vaksinasi tahap ke dua berlanjut ke vaksinasi Boster. (Tribun jateng/Hermawan handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada minggu ketiga bulan Januari atau periode 15 - 19 Januari 2022, Indonesia telah menerima 13.951.730 dosis vaksin.

Vaksin ini terdiri dari Sinovac dan AstraZeneca yang diperoleh dari pengadaan hubungan bilateral dengan Jepang, maupun dose sharing dari Covax Facility.

Hal ini disampaikan Lintang Paramitasari, Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri pada press briefing hari Kamis (20/1/2022).

Dengan penambahan tersebut maka total kedatangan vaksin di Indonesia hingga tanggal 19 Januari 2022 telah mencapai 493.125.036 dosis.

"Jadi vaksin tersebut kami daftarkan melalui jalur bilateral dan melalui jalur multilateral melalui Covax Facility," ujar Mita.

Mita mengatakan pemerintah Indonesia mengapresiasi bantuan dan kerjasama negara sahabat atas dukungan vaksin dalam rangka penanganan pandemi di Indonesia.

Baca juga: Dua Pekan Berjalan, Vaksinasi Merdeka Polda Metro Jaya Berhasil Jangkau 2 Juta Lebih Anak

Kementerian Luar Negeri mencatat masih akan ada kedatangan vaksin komitmen dari Covax Facility maupun negara sahabat.

Salah satu diantaranya komitmen dari Jerman yakni vaksin pfizer sebesar 1,2 juta dosis yang akan dikirim pada 24 Januari.

Adapula komitmen dari perusahaan China sebesar 1 juta dosis untuk Indonesia yang saat ini masih dalam tahap komunikasi terkait waktu kedatangannya.

Sedangkan dari Covax Facility akan ada komitmen kedatangan vaksin pada Minggu keempat bulan Januari ini dalam jumlah terbatas.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas