Tribun

Virus Corona

Pfizer-BioNTech Cari Izin Darurat Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 5 Tahun

Pfizer dan BioNTech mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka mencari Otorisasi Penggunaan Darurat untuk vaksin covid-19 untuk

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Pfizer-BioNTech Cari Izin Darurat Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 5 Tahun
Foto Kumanichi
Vaksin Pfizer untuk anak-anak 5-11 tahun akan disuntikkan mulai awal Maret 2022 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka mencari Otorisasi Penggunaan Darurat untuk vaksin virus corona (Covid-19) yang akan digunakan pada anak-anak dari usia 6 bulan hingga 4 tahun.

"Pfizer Inc dan BioNTech SE hari ini mengumumkan mengikuti permintaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS), perusahaan-perusahaan tersebut telah memulai pengajuan bergulir yang berupaya mengubah Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk memasukkan anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun," kata rilis itu pada Selasa kemarin.

Baca juga: Pfizer Minta Persetujuan AS Terkait Penggunaan Vaksin Covid-19 untuk Balita

Baca juga: Pfizer Mulai Uji Klinis Vaksin untuk Omicron, Targetkan Siap pada Maret 2022

Ini dilakukan sebagai tanggapan atas kebutuhan kesehatan masyarakat yang mendesak dalam populasi ini.

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (2/1/2022), Pfizer dan BioNTech mengatakan bahwa mereka berharap untuk menyelesaikan pengajuan EUA dalam beberapa hari mendatang.

CEO BioNTech, Ugur Sahin menyampaikan dalam rilisnya bahwa vaksin tersebut telah menunjukkan profil keamanan, tolerabilitas, dan efektivitas yang menguntungkan dalam berbagai uji klinis mulai dari usia 5 tahun.

"EUA yang diminta akan mengesahkan dua dosis pertama dari seri primer tiga dosis yang direncanakan dalam demografi usia," jelas rilis itu.

Sementara itu CEO Pfizer, Alber Bourla mengatakan dosis vaksin ketiga atau dosis penguat (booster) akan dibutuhkan di masa depan untuk mencapai tingkat perlindungan yang tinggi terhadap varian saat ini dan potensi varian di masa depan.

"Namun EUA akan memberikan kesempatan bagi para orang tua dalam memulai seri vaksinasi sambil menunggu otorisasi untuk dosis ketiga," kata Bourla.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas