Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkes: Pekan Ini Puncak Omicron di DKI Jakarta, Kemudian Kasus Turun

Budi Gunadi Sadikin memprediksi, provinsi DKI Jakarta akan menghadapi puncak gelombang Covid-19 varian Omicron pada pekan ini.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menkes: Pekan Ini Puncak Omicron di DKI Jakarta, Kemudian Kasus Turun
Warta Kota/Henry Lopulalan
Warga sedang asyik menikmati akhir pekan bersama keluarga di Taman Lapangan Banteng, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (13/2/2022). DKI Jakarta masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, tapi tidak menutup kembali taman-taman umum dari kunjungan warga. Warta Kota/Henry Lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi, provinsi DKI Jakarta akan menghadapi puncak gelombang Covid-19 varian Omicron pada pekan ini.

Namun, setelah berada di puncak maka kasus Covid-19 mulai perlahan turun.

"DKI Jakarta kemungkinan besar kami mengamati bahwa minggu ini akan sampai puncaknya dan akan mulai bergerak turun," kata dia dalam konferensi pers, Senin (14/2/2022).




Meski demikian, angka perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS) akan berhenti pada level 40 - 50 persen jika dibandingkan dengan puncak Delta.

Mantan dirut Bank Mandiri ini menyampaikan, terdapat 6 provinsi yang sudah melampaui kasus Delta dan 37 kabupaten/kota yang juga sudah melampaui puncak Delta.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Tribunnews.com/ Rina Ayu)

Enam provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jabar, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Papua.

Baca juga: Luhut: Jangan Berpikir Bahwa Pemerintah Anggap Enteng Varian Omicron

"Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya, itu rumah sakitnya sekitar 30% an dari puncak delta. Ada dua yang agak tinggi yaitu Jakarta dan Bali," terang Budi.

BERITA TERKAIT

Setelah Banten, Jabar, Bali sudah mendekati puncak maka lonjakan kasus Covid-19 bergeser ke provinsi-provinsi seperti Jawa timur, Jawa tengah, Jogja dan di luar Jawa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas