Tribun

Virus Corona

Bulan Ramadan, Binda Jatim Gelar Vaksinasi di Pasar Hingga Tempat Ibadah

Vaksinasi Covid-19 terus digencarkan Badan Intelijen Negara Daerah Jawa Timur (Binda Jatim), termasuk saat bulan ramadan.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bulan Ramadan, Binda Jatim Gelar Vaksinasi di Pasar Hingga Tempat Ibadah
ist
Binda Jatim gelar vaksinasi dalam rangka melindungi masyarakat dari pemularan Covid-19. (Istimewa) 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTAVaksinasi Covid-19 terus digencarkan Badan Intelijen Negara Daerah Jawa Timur (Binda Jatim), termasuk saat bulan Ramadan.

Upaya tersebut dilakukan untuk menggenjot capaian vaksinasi, terutama vaksin dosis ketiga atau booster yang masih jauh tertinggal secara rasio vaksinasi nasional.

Binda Jatim bekerjasama dengan Kodim 0813 Bojonegoro menggelar vaksinasi secara mobile di tiga titik di Kabupaten Bojonegoro.

Ketiga titik tersebut di antaranya Pasar Kota Bojonegoro, Superindo Supermarket, serta di Masjid At Taqwa, Desa Banjarejo, Kabupaten Bojonegoro

Percepatan vaksinasi ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mensyaratkan vaksin dosis booster bagi mereka yang ingin mudik Lebaran nanti. 

“Sasaran vaksinasi yang dituju adalah para pengunjung pasar, supermarket, dan jemaah masjid. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau gerai vaksinasi,” kata Koordinator Wilayah Binda Jatim di Bojonegoro, Teguh Prasetya, dikutip Kamis (7/4/2022).

Teguh menyebut vaksinasi jemput bola ke tempat masyarakat beraktivitas sengaja dipilih untuk memudahkan masyarakat menjangkau lokasi vaksinasi.

Baca juga: Pemerataan Vaksinasi Booster, Binda Kalsel Sasar Warga Binaan di Dua Lapas

Sebab, menurutnya, banyak masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi tetapi terkendala dengan waktu ataupun pekerjaan.

Saat bulan ramadan, lanjut Teguh, tidak menurunkan intensitas Binda Jatim dalam mendorong pemerataan vaksinasi bagi semua kalangan.

Akselerasi vaksinasi ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan komunal.

“Pandemi semakin terkendali, pembatasan sosial juga semakin dilonggarkan, tapi kita tidak boleh kendor. Vaksinasi booster harus kita tingkatkan agar masyarakat bisa lebih tenang menjalankan aktivitas di bulan Ramadan,” katanya.

Koordinator kegiatan, Kapten Inf Hery Sukiyanto merinci, pelayanan vaksinasi tidak hanya dilakukan rutin setiap hari di Poliklinik Kesehatan (Polkes) Kodim 0813 Bojonegoro, tetapi juga gencar dengan aksi jemput bola tempat-tempat keramaian, termasuk di masjid dan musala yang saat-saat ini ramai dengan warga masyarakat. 

“Masyarakat antusias, vaksinasi berjalan dengan tertib dan lancar, semua peserta mematuhi skema vaksinasi mulai dari screening hingga penyuntikan,” ungkapnya.

Kepala Pasar Kota Bojonegoro, Nur Cholis menyatakan sangat berterimakasih kepada Binda Jatim dan Kodim 0813 Bojonegoro yang telah melakukan vaksinasi di lokasi Pasar Kota Bojonegoro.

Baca juga: Amankan Ramadan dan Lebaran, Binda DIY Genjot Vaksinasi Covid-19

“Ternyata dalam pelaksanaan tadi antusiasme para pedagang maupun pengunjung pasar sangat tinggi. Banyak yang ingin divaksin," ujarnya.

Dengan digencarkanya vaksinasi diharapkan masyarakat dapat terlindungi dari paparan Covid-19 dan pandemi dapat segera berakhir.

berita POPULER
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas