Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pesawat Hercules Kecelakaan, DPD RI Minta Alutsista TNI AU Diperbaiki

Peristiwa kecelakaan pesawat Hercules di Sumatera Utara mendorong DPD RI meminta TNI AU memperbaiki sistem alutsista yang dimiliki.

Pesawat Hercules Kecelakaan, DPD RI Minta Alutsista TNI AU Diperbaiki
YOUTUBE / SENATOR DPD RI
Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba 

TRIBUNNEWS.COM – Peristiwa kecelakaan pesawat Hercules di Sumatera Utara mendorong DPD RI meminta TNI AU memperbaiki sistem Alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang dimilikinya.

“Pesawat Hercules ini sudah tua sekali usianya. Angkutan militer harus lebih canggih lagi,” ujar Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan, Parlindungan pun mendorong TNI AU mengaudit jumlah pesawat Hercules yang saat ini beroperasi.

Selain itu, revitalisasi sistem pertahanan dan keamanan TNI juga diharapkan bisa meningkat, agar angka risiko kecelakaan dapat diminimalisir di masa mendatang.

Sebagai langkah konkret, DPD RI pun akan membicarakan persoalan ini bersama DPR dalam waktu dekat. Dalam pertemuan tersebut diharapkan alokasi dana alutsista TNI dapat diperbesar jumlahnya.

“Harus ada revitalisasi alutsista karena itu sangat penting,” tukas Parlindungan Purba.

Angkutan militer seperti Hercules, menurut Parlindungan, memiliki aturan sendiri. Salah satunya hanya dapat digunakan dalam kepentingan khusus dan tidak dapat dikomersilkan. Meskipun demikian, asuransi juga menjadi hal penting yang perlu dipikirkan.

“Ini membantu penumpang di dalamnya. Karena itu regulasinya perlu diperbaiki di waktu yang akan datang, agar pengangkutannya sama seperti sipil tapi penggunaannya militer,” ujar Senator asal Sumatera Utara tersebut.

Seperti diketahui, pesawat Hercules yang dimaksud Parlindungan merupakan jenis C-130 dengan milik TNI AU. Pesawat tersebut mengalami kecelakaan di Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (30/6/2015) lalu.

DPD RI pun menyatakan belasungkawa yang mendalam atas musibah kecelakaan tersebut.

“Kami berdoa semoga seluruh arwah para korban kecelakaan pesawat udara itu diterima di sisi-Nya. Begitu juga keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan,” ujar Parlindungan dalam siaran videonya.

Ikuti terus perkembangan terbaru dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) hanya di Kabar DPD RI.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Advertorial
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas