Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Hadapi MEA, DPD RI Dorong Sertifikasi

Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan sertifikasi diperlukan untuk meningkatkan daya saing masyarakat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Hadapi MEA, DPD RI Dorong Sertifikasi
Tribunnews / Dany Permana
Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan sertifikasi diperlukan untuk meningkatkan daya saing masyarakat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 

TRIBUNNEWS, BANDUNG - DPD RI mendorong Jawa Barat segera melakukan sertifikasi profesi. Hal tersebut dirasa penting agar tenaga kerja asal Indonesia dapat bersaing dengan negara lain dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Ketua DPD RI Irman Gusman menyebut MEA merupakan kesempatan sekaligus tantangan bagi tenaga kerja Indonesia.

Oleh karenanya, perlu dilakukan berbagai strategi agar Indonesia tidak ketinggalan dari negara-negara lain di Asia Tenggara.

"Opportunity-nya pasar jadi terbuka, sedangkan tantangannya sejauh mana kita mampu meningkatkan daya saing. Salah satunya lewat sertifikasi. Apa gunanya punya gelar sarjana tapi tidak ada sertifikasi, nanti akibatnya orang lain bisa masuk ke kita, tapi kita tidak bisa masuk ke negara lain," katanya usai acara Seminar Konsolidasi dan Rapat Kerja Daerah DPD RI di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Senin (6/7) petang.

Irman mengatakan, Indonesia akan menyongsong era baru dengan berlakunya MEA, di mana lalu lintas barang, jasa, dan tenaga kerja menjadi lebih bebas. Sehingga pihaknya menilai perlu adanya perencanaan mengantisipasi MEA nanti.

"Kita ingin mengantisipasi lima-enam bulan dari sekarang. Kita akan memasuki era baru yaitu MEA. Makannya DPD terus melakukan penyerapan aspirasi untuk menyamakan persepsi sehingga perencanaan bisa lebih terarah," katanya.

DPD pun, kata Irman Gusman, akan mengarahkan institusi pendidikan maupun pelatihan agar lulusannya bisa mendapat sertifikasi.

Selain itu DPD juga berusaha memeriksa kesiapan berbagai daerah untuk menghadapi MEA tersebut.

"Kita juga ingin melihat sejauh mana kesiapan daya saing Jabar dalam menghadapi MEA. Makannya hari ini kita lakukan dialog dua arah," ujar Ketua DPD RI itu.

Ikuti terus perkembangan terbaru dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) hanya di Kabar DPD RI.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Advertorial
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas