Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

DPD RI Dengar Aspirasi Masyarakat NTT Soal Pendidikan

“Pemerintah harus berpikir masalah ini karena pendidikan menjadi hak setiap warga negara,” ujar Wakil Ketua Komite III DPD RI Abraham Liyanto di NTT

DPD RI Dengar Aspirasi Masyarakat NTT Soal Pendidikan
M. Latief/Kompas.com
Melalui salah satu senatornya, Abraham Liyanto, DPD RI menegaskan akan memperhatikan aspek pendidikan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) (Ilustrasi/M. Latief/Kompas.com) 

TRIBUNNEWS.COM – Belum meratanya akses pendidikan di daerah merupakan masalah tersendiri yang membutuhkan solusi berbagai pihak. Sebab, pendidikan merupakan kunci kemajuan sebuah bangsa.

Dengan akses pendidikan yang merata dan berkualitas, Sumber Daya Manusia (SDM) para penduduk di daerah diharapkan akan meningkat sejalan dengan pembangunan yang dilakukan.

Salah satu daerah yang belum mendapat akses pendidikan yang layak adalah Kabupaten Rote Ndao yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Masyarakat di sana mengeluhkan ketiadaan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) yang layak bagi para putra daerah.

Padahal, menurut mereka, kedua fasilitas tersebut sangat penting bagi pembentukan karakter anak.

DPD RI pun segera mencermati keluhan masyarakat tersebut dengan terjun langsung ke lapangan guna mendengarkan aspirasi lebih lanjut.

Melalui salah satu senatornya, Abraham Liyanto, DPD RI menegaskan akan memperhatikan aspek pendidikan di Rote Ndao.

“Pemerintah harus berpikir masalah ini karena pendidikan menjadi hak setiap warga negara. Apalagi pembentukan karakter anak sangat penting pada usia dini, sehingga wajib mengikuti jenjang pendidikan PAUD dan TK,” ujar Abraham dalam kunjungannya ke Rote Ndao, Jumat (24/7/2015).

Ia pun mengatakan, sebagai Wakil Ketua Komite III DPD RI pihaknya akan mencermati keluhan masyarakat Rote Ndao dan membawanya ke tingkat pusat.

“Ini menjadi temuan dan perhatian Komite III. Nantinya akan jadi bahan perbincangan, untuk kemudian disampaikan ke pemerintah dan kementerian terkait guna dicarikan solusi,” tambah Abraham.

Komite III sendiri memang membawahi berbagai bidang. Selain pendidikan, bidang agama, kebudayaan, kesehatan, pariwisata, pemuda dan olahraga, kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan serta ketenagakerjaan pun menjadi bidang yang digeluti Komite III DPD RI.

Kunjungan Abraham ke Kabupaten Rote Ndao sendiri dilakukan dalam rangka waktu reses DPD RI. Digelar selama dua hari sejak Jumat (24/7/2015) hingga Sabtu (25/7/2015), Abraham selaku perwakilan Komite III DPD RI menyerap aspirasi masyarakat di Rote Ndao.

Selain bertujuan menyerap aspirasi masyarakat, kunjungan tersebut juga sesuai dengan fungsi dan tugas senator DPD RI yang meliputi legislasi, pengawasan, dan pertimbangan.

Guna memenuhi fungsi dan tugas tersebut, berbagai pertemuan pun dihadiri Abraham selama waktu reses. Mulai dari pertemuan dengan Bupati Rote Ndao Lens Haning bersama unsur pemerintahan setempat, hingga pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan agama di Rote Ndao.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Abraham juga mengatakan pihaknya berencana menghadiri undangan khusus Chief Ministry NT di Darwin, Australia pada 30 Juli 2015 mendatang guna mempererat hubungan bilateral antar dua negara. (advertorial)

Ikuti terus perkembangan terbaru dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) hanya di Kabar DPD RI.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Advertorial
Sumber: Pos Kupang
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas