Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sultan B. Najamudin: Pelantikan Biden Diharapkan Membawa Kerja Sama Strategis antara RI-AS

Sultan B Najamudin berharap duet kepemimpinan negara Amerika Serikat saat ini dapat membangun isu-isu strategis bagi negara-negara berkembang.

Sultan B. Najamudin: Pelantikan Biden Diharapkan Membawa Kerja Sama Strategis antara RI-AS
dok. DPD RI
Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin mengucapkan selamat kepada Joe Biden bersama Kamala Harris yang telah dilantik menjadi pasangan Presiden beserta Wakil Presiden. Sultan B. Najamudin berharap duet kepemimpinan negara Amerika Serikat saat ini dapat membangun isu-isu strategis bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Menurut senator muda asal daerah pemilihan provinsi Bengkulu ini, banyak tantangan global yang harus diselesaikan melalui hubungan antarnegara. Seperti bencana kemanusiaan yang terjadi atas tantangan terhadap Covid-19 yang telah meluluh lantahkan perekonomian secara global.

"Kita menginginkan adanya skema kerja sama lintas negara yang terintegrasi dalam menemukan formulasi yang tepat untuk menghadapi situasi sulit yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Dengan kehadiran kepemimpinan baru oleh Biden kita juga berharap kebijakan di Amerika Serikat dapat memberikan implikasi positif ke negara lain termasuk Indonesia. Bukan hanya tentang pemulihan ekonomi, tapi juga pembangunan dibidang lainnya termasuk sosial, politik, budaya dan keamanan kehidupan dunia internasional," ujar Sultan Kamis (21/01/2021).

Dalam kesempatan ini, pria yang akrab dipanggil Bung Sultan juga menyampaikan agar peluang kerja sama antara daerah dan pemerintahan Amerika Serikat bisa ditangkap.

"Banyak sekali peluang-peluang kerja sama dalam sektor ekonomi khususnya yang bisa didorong pemerintah daerah dalam memaksimalkan seluruh potensi wilayahnya. Dan pemerintah pusat melalui Undang-Undang telah memberikan ruang yang besar agar hubungan pemerintah daerah dengan luar negeri (government to government) bisa diwujudkan," ungkap Sultan.

"Indonesia dan Amerika Serikat memiliki rekam historis yang sangat baik. Kurang lebih sudah sudah 70 tahun kita bekerja sama, dan dalam hubungan itu sudah banyak sekali kerjasama bilateral yang sudah berdampak baik bagi kedua negara," ujarnya.

Seperti yang kita ketahui, sebagai Wakil Ketua DPD RI termuda dan juga salah satu senator yang dikenal memiliki diplomasi yang baik terhadap hubungan internasional, selama ia menjalankan tugasnya sebagai anggota DPD RI Sultan B Najamudin telah beberapa kali melakukan kunjungan ke negeri Paman Sam tersebut dengan membawa agenda-agenda pembangunan regional yang berbasis kawasan.

"Kita harus menggali potensi seluas-luasnya dalam kemajuan daerah. Sebagai perwakilan daerah yang berada dipusat dalam mewakili kepentingan daerah kita butuh berbagai macam alternatif solusi. Tidak hanya memperjuangkan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, tapi juga mampu "menggedor" kepentingan daerah dalam dunia internasional," tutup Sultan B Najamudin. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas