Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Antisipasi Kekurangan Pangan saat Bencana, Ketua DPD RI Usulkan Food Rescue

Dijelaskan LaNyalla, kondisi Indonesia yang rawan bencana harus diantisipasi. Menurutnya, kebutuhan pangan sangat penting buat para pengungsi.

Antisipasi Kekurangan Pangan saat Bencana, Ketua DPD RI Usulkan Food Rescue
dok. DPD RI
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattlitti mengusulkan untuk dibuatkan Food Rescue sebagai antisipasi kebutuhan pangan bagi para pengungsi ketika terjadi bencana. 

TRIBUNNEWS.COM - Keluhan pengungsi di Majene yang mulai kehabisan beras, mendapat sorotan dari Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattlitti. Sebagai solusi, LaNyalla mengusulkan untuk dibuatkan Food Rescue.

Dijelaskan LaNyalla, kondisi Indonesia yang rawan bencana harus diantisipasi. Menurutnya, kebutuhan pangan sangat penting buat para pengungsi.

"Indonesia rawan akan bencana. Artinya kita pun harus memikirkan untuk membuat produk darurat untuk kebencanaan atau Food Rescue. Hal ini sudah dilakukan Jepang. Mereka memiliki Food Rescue yang tidak perlu dimasak. Hal seperti ini harus dipikirkan mengingat negara kita rawan bencana," katanya, Kamis (4/2/2021).

Dengan Food Rescue, penyaluran bantuan pangan pun akan menjadi lebih cepat.

Sedangkan mengenai pengungsi Majene, mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu mengimbau para dermawan untuk mengulurkan bantuan.

"Sebagai antisipasi kekurangan beras untuk para pengungsi Majene, solusi sementara adalah mengandalkan para dermawan. Namun, tentunya hal itu tidak dapat bertahan lama," katanya.

Ketua DPD RI ini mengatakan permasalahan ini harus dipecahkan Bupati dengan cepat. Karena LaNyalla berharap tidak terjadi krisis pangan bagi para pengungsi.

"Keluhan ini harus menjadi evaluasi juga bagi BNPB dan dinsos daerah. Khususnya dalam menjaga ketersediaan stok makanan untuk bencana. Jangan sampai terjadi kekurangan pangan di pengungsian," katanya.(*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas