Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ketua DPD RI: Pers Harus Menjadi Akselerator Perubahan

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap pers terus tampil dan mengawal perubahan Indonesia menuju yang lebih baik lagi.

Ketua DPD RI: Pers Harus Menjadi Akselerator Perubahan
dok. DPD RI
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap pers terus tampil dan mengawal perubahan Indonesia menuju yang lebih baik lagi. 

TRIBUNNEWS.COM - Selasa (9/2/2021) menjadi hari spesial buat insan pers Tanah Air. Karena, hari ini diperingati sebagai Hari Pers Nasional, sekaligus HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap pers terus tampil dan mengawal perubahan Indonesia menuju yang lebih baik lagi.

Bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani, Senator asal Jawa Timur ini menghadiri perayaan Hari Pers Nasional 2021, di Istana Presiden.

"Selamat merayakan Hari Pers Nasional buat seluruh insan pers di Tanah Air. Teruslah menjadi menjadi insan yang independen dan terus menyampaikan aspirasi masyarakat lewat kritik yang membangun," katanya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang ini mengatakan, pers mempunyai peranan penting di sebuah negara, termasuk Indonesia.

"Di negara demokrasi seperti Indonesia, pers menjadi kekuatan atau pilar keempat dalam demokrasi, setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Artinya kekuatan pers turut diperhitungkan. Dan itulah pentingnya kita memiliki insan-insan pers berkualitas," ujarnya.

LaNyalla yang juga anggota Dewan Penasehat PWI Jawa Timur itu berharap pers harus menjadi penyeimbang.

"Jalankan fungsi pers dengan baik, sebagai wadah untuk memberikan edukasi atau pembelajaran kepada masyarakat. Prinsip cover both side pun harus dipegang teguh, agar pemberitaan bisa selalu berimbang, tanpa harus menghakimi," katanya.

Sosok yang dikenal dekat dengan insan pers ini juga berharap pers menjadi yang terdepan dalam menghadapi hoax.

"Pers harus jadi yang terdepan dalam menangkal hoax. Sebagaimana kita ketahui, hoax kian menjamur seiring dengan berkembangnya media sosial. Masyarakat harus mendapatkan informasi akurat, dan pers memikul peran tersebut," katanya. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas