Tribun

Sosialisasi 4 Pilar, Nono Sampono Ajak Kaum Muda Jaga Keberagaman Bangsa

Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama Angkatan Muda GPM di Ambon

Editor: Content Writer
Sosialisasi 4 Pilar, Nono Sampono Ajak Kaum Muda Jaga Keberagaman Bangsa
DPD RI
Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama Angkatan Muda GPM Dakota Bethabara Ranting Visiodeo di Desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Kamis (11/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama Angkatan Muda GPM Dakota Bethabara Ranting Visiodeo di Desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Kamis (11/11/2021).

Dalam paparannya, Nono Sampono menjelaskan bahwa semua kalangan masyarakat di Indonesia, termasuk generasi muda harus mencintai NKRI.

“Kita ini terdiri dari berbagai suku bangsa. Bukan untuk terpecah belah, tapi untuk bersatu membangun negeri. Ingat Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika menjadi bagian dari pilar bangsa ini,” ujar Nono Sampono.

Senator dari Maluku itu juga menyampaikan betapa pentingnya peran pemuda untuk peduli tentang persatuan dan kesatuan bangsa di era pandemi Covid 19 ini.

“Mari kita wujudkan keadilan, kemakmuran dengan mempertahankan kedaulatan dan persatuan negeri ini,” tegas mantan Kepala Basarnas itu.

Nono Sampono juga mengajak generasi milenial untuk terus berkarya. Dia  menekankan, jangan sampai berbagai kekayaan alam di Indonesia dikuasai oleh asing.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI mempunyai tujuan di antaranya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR. Selain itu, sosialisasi juga digelar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut, Nono Sampono juga mengingatkan jangan sampai masyarakat terjebak oleh adu domba-adu domba yang dilontarkan oleh pihak-pihak tertentu demi kepentingan sesaat. Menurut Nono Sampono, masyarakat Indonesia sangat beruntung karena memiliki Pancasila sebagai dasar. 

”Kita beruntung  punya Pancasila, Pancasila ini dengan perjuangan seluruh pihak, kemudian menjadikan Indonesia tetap teguh,  tegak,  tetap eksis, dan tidak terpecah,” ujar dia.
Untuk itu, dia mengingatkan kembali tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasilah yang menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan di tengah keberagaman.

"Jika semangat para pemuda dalam merajut Empat Pilar Kebangsaan itu semakin kuat, maka akan tercapai stabilitas nasional yang bisa diberikan dari seluruh elemen masyarakat yang peduli atas keutuhan bangsa dan negara ini," pungkas Nono Sampono.(*)

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas